Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi – Setiap kejadian yang ada dialam semesta baik bumi maupun atmosfer serta kejadian-kejadian yang terjadi dalam sosial kemasyarakatan merupakan suatu dampak dari sebuah kejadian sebab akibat. Uraian yang menjelaskan bagaimana proses terjadinya kejadian tersebut di namakan Teks Eksplanasi.

Tulisan ini sangat berbeda dengan jenis tulisan lainnya. Jika kita berbicara mengenai Teks Eksplanasi maka merupakan sebuah tulisan yang dibuat berdasarakan fakta sebenarnya. Dimunculkan dari data-data yang diperoleh dari rangkuman sebuah fenomena yang diteliti secara mendalam.

Berbeda dengan tulisan lainnya yang dalam penyajiannya kadang tidak memerlukan data-data akurat. Teks Eksplanasi merupakan salah satu jenis karya ilmiah jika kita mengamati dari proses pembuatannya. Mengapa demikian ? jelas sekali dibutuhkan data-data yang akurat dalam penyusunannya.

Sebuah tulisan ilmiah tentu harus didasarkan pada data-data yang telah di telaah sebelumnya. Sehingga untuk membantah sebuah tulisan ilmiah harus juga dilengkapi dengan data yang akurat. Mari sejenak kita mempelajari mengenai Teks Eksplanasi untuk menambah khasanah keilmuan kita. 

Pengertian Teks Ekspalanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Sebelum mempelajari lebih jauh ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu pengertian Teks Eksplanasi. Secara umum pengertian Teks Eksplanasi adalah teks yang berisikan mengenai proses mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa dialam, maupun yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, sosial, serta budaya dapat terjadi.

Ketika kita berbicara mengenai peristiwa di alam dan sosial di sekitar kita tentu sangatlah banyak. Sudah menjadi risalah Tuhan bahwa semua peristiwa tersebut memiliki hubungan sebab akibat serta proses yang menyebabkan munculnya peristiwa tersebut. 

Saat terjadi suatu peristiwa atau kejadian disekitar kita maka sudah sepantasnya kita tidak hanya mengamati dan merasakannya saja. Namun lebih dari itu sebaiknya kita juga harus mempelajari sebuah pelajaran dari hal tersebut.

Contoh ketika terjadi suatu peristiwa tsunami memang secara ilmiah penyebabnya bisa diakibatkan oleh gempa bumi di dasar laut. Namun dibalik semua itu ada hal lain yang harus menjadi pelajaran kita, mungkin sebagai manusia kita sudah banyak berbuat kerusakan di bumi.

Sehingga tsunami itu sebuah pesan dari Tuhan agar kita menjadi umatnya yang lebih baik lagi. 

Selain pengertian diatas, Teks Eksplanasi jika diartikan secara sosial merupakan sebuah teks yang memberikan penjelasan mengenai terjadinya sebuah fenomena sosial dimasyarakat. Adanya keterkaitan antara satu fenomena sosial dengan fenomena lainnya yang saling terhubung.

Misalkan kita membahas mengenai tindak kriminal dalam masyarakat. Tentu dalam menguraikan penjelasan tersebut kita perlu mencari tau penyebab meningkatnya tindak kriminal tersebut.

Dalam hal ini akan ditemukan sebuah data bahwa kemiskinan menjadi salah satu penyebabnya. Teks Ekplanasi yang membahas mengenai tindak kriminal maka akan mengupas dengan detail fenomena kemiskinan yang terjadi. 

Selain pengeertian secara umum ada beberapa ahli yang juga membuat penjelasan mengenai Teks Eksplanasi diantaranya :

  • Restuti

Pendapat dari Restuti menyatakan bahwa Teks Eksplanasi adalah sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial.

  • Mahsun

Mehsun menjelaskan bahwa Teks Eksplanasi merupakan teks yang disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi atau penutup. Setiap pernyataan memiliki kebenaran yang sama serta saling melengkapi satu sama lainnya. 

Kedua penjelasan ahli tersebut semakin menjelaskan bahwa isi teks eksplanasi saling terkait dan menggali penyebab fenomena yang terjadi. Menarik memang jika kita menggali lebih dalam mengenai pengertian-pengertian dari Teks Eksplanasi. Namun diantara perbedaan penjelasaan yang ada tidak terlalu muncul perbedaan semua hanya saling menguatkan. 

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Ketika ingin mengidentifikasi sebuah teks merupakan jenis teks eksplanasi. Maka kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa ciri-cirinya. Ada beberapa ciri yang dapat kita ketahui dari teks eksplanasi : 

1.Di awali Pernyataan Umum

Sebuah teks eksplanasi akan diawali dengan pernyataan umum. Sebagai gambaran awal mengenai tema yang dibahas, walaupun masih sebatas penjelasan-penjelasan general. Fungsi dari pernyataan umum ini adalah membawa pembaca memahami terlebih dahulu mengenai fenomena yang akan dijelaskan.

Ketika munuliskan pernyataan untum sebaiknya menggunakan bahasa-bahasa yang menarik agar ketika orang membacanya akan bersemangat mengikuti tulisan dalam teks berikutnya. Akan berbeda jika apa yang kita tuliskan diawal hanya seperti sebuah salinan sebuah literatur tentu sedikit banyak akan membuat pembaca merasa kurang nyaman. 

2. Kalimat Penjelas

Bagian kalimat penjelas merupakan sebuah pesan yang ingin disampaikan penulis untuk pembaca. Bagian ini merupakan penjelasan mengenai peristiwa sebab akibat yang menyebabkan terjadinya sebuah peristiwa alam ataupun sosial budaya.

Penjelasan yang harus didasarkan temuan ilmiah bukan hanya berdasar pada penerawangan semata. Inilah alasan mengapa teks eksplanasi dapat dikatakan sebagai suatu tulisan ilmiah. Dimana dalam pembuatannya ada literatur yang digunakan.

3. Interpretasi (Penutup)

Bagian ini sebenarnya bersifat opsional, dapat dicantumkan oleh penulis maupun tidak. Penutup menjelaskan kesimpulan dari penulis terhadap fenomena yang terjadi. Hasil dari pandangan sang penulis yang dimuat dalam teks. Tentu akan mengasikkan ketika akan mengakhiri sebuah bacaan terdapat penutup dari penulis. Bagian ini juga sebagai pelengkap teks ekspalanasi serta sebagai salah satu ciri yang dimiliki.

4. Informasi atas Peristiwa yang Akurat

Mengapa teks eksplanasi termasuk tulisan ilmiah, salah satu faktor pendukungnya adalah karena informasi yang ditampilkan dari sumber yang akurat. Kita tidak akan menemukan bahwa dalam teks eksplanasi terdapat uraian yang sifatnya hanya fiksi.

Semua dirangkum berdasarkan data-data yang akurat dan dapat diuji kebenarannya. Jika kita mendapati sebuah teks yang jelas sumbernya maka dapat dipastikan bahwa itu merupakan teks eksplanasi. Walaupun mungkin dalam kerangka penulisannya kadang tidaklah seragam.

5. Bersifat Ilmiah

Sebuah tulisan dapat dikatakan ilmiah karena memiliki dasar yang jelas serta melalui sebuah hasil penelitian. Seperti halnya teks eksplanasi juga dibuat berdasarkan dasar teori yang ada yang dipadukan dengan hasil oberservasi dari peristiwa yang terjadi. Maka dapat dikatakan bahwa teks eksplanasi salah satu cirinya dalah bersifat ilmiah.

Struktur Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Seperti juga tulisan ilmiah teks eksplanasi juga memiliki struktur yang membangunnya menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Adapun strukturnya adalah sebagai berikut : 

1.Pernyataan Umum

Struktur ini biasanya berisi mengenai pernyataan-pernyataan umum mengenai permasalahan yang ada. Menjelaskan secara umum seperti apa fenomena yang terjadi didalamnya, membuat pembaca lebih mengetahui dasar dari permasalahan yang ada. 

2. Urutan Sebab Akibat

Setelah penyataan umum maka tahapan selanjutnya adalah urutan sebab akibat. Dimana berisi mengenai penjelasan secara detail proses terjadinya suatu peristiwa yang ditampilkan secara urut mulai dari tahap awal hingga tahapan paling akhir.

3. Interpretasi

Penjelasan yang detail akan diakhiri dengan sebuah kesimpulan mengenai topik yang dibahas. Kesimpulan yang dibuat penulis berdasarkan hasil pengamatannya. 

Tujuan Teks Eksplanasi

Pembuatan teks eksplanasi memiliki tujuan untuk menjelaskan kejadian maupun peristiwa yang terjadi. Dimana peristiwa tersebut di tuliskan secara runtut mulai dari awal hingga akhir. Harapannya dapat menambah pengetahuan bagi si pembaca dan meningkatkan kemampuan menulis untuk si penulis.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Seperti penulisan ilmiah lainnya teks eksplanasi juga memiliki ciri kaidah kebahasaan diantaranya : 

  • Penulisan teks eksplanasi memiliki fokus pada hal umum. Tidak fokus pada partisipan manusia, dimana lebih banyak mengupas bahasa fenomena alam.
  • Bahasa penulisan menggunakan istilah ilmiah 
  • Perbendaharaan kalimatnya banyak menggunakan verba material dan verba relasional.
  • Lebih banyak menggunakan kalimat pasif
  • Menggunakan kata-kata berkonjungsi waktu dan kausal seperti sehingga, sebelum, jika, bila dan kemudian.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Merujuk dari data NWS Department School and Education (2012) yang berpendapat bahwa teks eksplanasi memiliki empat jenis yaitu :

1.Eksplanasi Sequential

Penjelasan mengenai Teks Ekspalanasi Sequential adalah sebuah teks yang menjelaskan mengenai rincian tahapan dalam sebuah fenomena. Fenomena ini biasanya yang terjadi dialam misalkan produksi minyak bumi atau siklus hidup kupu-kupu

2. Eksplanasi Kausal

Teks Eksplanasi Kausal adalah teks yang menjelaskan sebab perubahan mulai dari tahap awal hingga tahap akhir. Kita dapat mengambil contoh dari proses alam seperti gempa bumi, tsunami maupun gunung meletus.

3. Eksplanasi Teoretis

Teks Eksplanasi Teoritis adalah teks yang menjelaskan sebuah kemungkinan yang terjadi dibalik sebuah fenomena alam. Biasanya teks ini menjelaskan apa yang menyebabkan timbulnya fenomena tersebut seperti fenomena elnino dan lamina ataupun efek rumah kaca.

4. Eksplanasi Faktorial dan Konsekuensial

Teks Eksplanasi Faktorial dan Konsekuensial adalah teks yang menerangkan efek dan hasil dari sebuah proses yang berdampak sangat luas. Bisa berupa fenomena alam maupun sosial budaya yang ada dimasyarakat. 

Contoh Teks Eksplanasi

Sebuah penulisan akan dapat dinilai keabsahannya jika memenuhi beberapa kriteria yang terdapat dalam ilmu bahasa. Dapat dikatakan bahwa teks eksplanasi memiliki sebuah kriteria yang sama dengan tulisan ilmiah.

Mengapa bisa demikian, karena struktur yang terdapat didalamnya hampir dikatakan mirip dengan penulisan ilmiah.

Berikut ini beberapa contoh teks eksplanasi yang dapat menjadi referensi serta menambah pemahaman mengenai apa itu eksplanasi. Berikut contoh-contoh teks eksplanasi:

Contoh Teks Eksplanasi Sosial (Kemiskinan)

Contoh Teks Eksplanasi

Penyebab Kemiskinan Makin Tumbuh

Pernyataan Umum :

Kemiskinan menurut Wikipedia adalah sebuah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat tinggal yang layak, pendidikan dan kesehatan. Tingkat pendapatan yang rendah salah satu penyebabnya. Membuat mereka tidak sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya dengan layak. Sebagian lainnya ada yang tidak mampu memenuhi makan untuk dirinya dan keluarganya.

Kita mendengar berita di beberapa daerah. Bahwa ada masyarakat yang hanya makan seminggu satu kali. Sungguh sebuah kondisi yang memprihatinkan bagi kita. Apalagi jika kita saksikan kemiskinan yang berada di kota-kota besar. Terjadi ketimpangan jurang yang sangat dalam.

Fenomena kaya dan miskin. Jika kita perhatikan khususnya di Jabodetabek. Akan banyak ditemui kondisi tersebut. Kawasan perumahan elit kita melihat rumah-rumah mewah. Namun ketika kita bergeser sedikit ke belakang. Banyak warga yang masih hidup dalam tingkatan miskin.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Munculnya fenomena tersebut tentu membuat kita berkerut kening. Satu sisi kita merasa mungkin ada yang kurang tepat dalam program pengentasan kemiskinan di Indonesia. Akan tetapi jika kita melakukan analisis lebih mendalam. Ada banyak faktor yang menyebabkan kemiskinan merajalela di Indonesia. Salah satunya mental yang kurang baik di dalam masyarakat miskin.

Seseorang yang terbiasa dalam lingkungan yang kurang baik. Secara pemikiran ia akan menjadi kurang baik. Walaupun sudah mendapat bantuan dari pemerintah. Ketika mental mereka masih rendahan yang hanya mengharap. Tentu menjadikan mereka sulit untuk bertumbuh ke arah yang lebih baik.

Penyebab lainnya adalah kebiasaan buruk. Salah satunya adalah merokok. Kita sering menemui orang-orang yang berpenghasilan rendah. Masih menyibukkan dirinya dengan merokok. Seandainya kebiasaan itu dialihkan untuk hal yang bermanfaat. Seperti biaya pendidikan atau membeli buku. Tentu akan lebih bermanfaat untuk mereka.

Sebagian masyarakat miskin masih beranggapan. Bahwa penghasilannya tidak cukup. Sementara kebutuhan terus meningkat. Terkadang pola belanja juga kurang tepat. Membeli sesuatu berdasarkan keinginan bukan berdasar kebutuhan.

Interpretasi :

Pemerintah tentu sudah berupaya untuk mengentaskan kemiskinan. Walaupun mungkin secara program belum bisa berjalan dengan baik. Namun alangkah lebih baik. Jika banyak orang menganggap miskin itu bukanlah faktor keturunan. Tetapi lebih kepada kondisi hidup saat ini. Tetap ada harapan untuk menjadi lebih baik. Dengan doa serta kerja keras. Akan menjadikan hidup yang lebih baik.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi

Mengenalkan Budaya Pada Generasi Milenial

Pernyataan Umum :

Indonesia merupakan Negara dengan beragam suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda. Itulah mengapa kita mengenal istilah Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan bernegara. Perbedaan budaya ini yang menjadikan kita sangat kaya secara kesenian.

Mulai dari Sabang sampai Merauke miliki budaya masing-masing. Namun agak sedikit disayangkan bahwa saat ini budaya kita mulai menghilang terutama untuk anak-anak milenial. Derasnya arus informasi dengan kemudahan akses internet menjadikan mereka mengenal budaya asing.

Apalagi dengan kurangnya filter dari keluarga menyebabkan mereka justru merasa budaya luhur bangsa ini adalah sudah uzur atau kuno. Sebuah kondisi yang memprihatinkan memang, namun tentu belum terlambat untuk mulai memperbaikinya. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Kemunduran kebudayaan negri ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Ketika generasi milenial mengasumsikan bahwa budaya kita sudah ketinggalan zaman. Masukan itu tentu harus kita analisa, benarkah demikian.

Jika kita berbicara wayang itu kurang keren dibanding bermain game online. Pada dasarnya memang mungkin pada kondisi saat ini anak milenial sangat tidak tertarik dengan wayang. Kita perlu melakukan sebuah innovasi dalam penyampaian budaya asli kita kepada mereka. Bahwa budaya kita masih lebih baik, apalagi orang timur sejak dahulu memiliki budaya yang lebih baik dibanding bangsa barat. 

Selain mengenai penampilannya tentu kita juga perlu berinovasi dalam promosi budaya kepada generasi milenial. Saat ini smartphone sudah menjadi Tuhan baru dalam tanda kutip untuk sebagian besar millennial. Tentunya perlu dipikirkan solusi untuk melestarikan budaya dengan menggunakan alat ini. Sehingga memudahkan generasi milenial untuk mengakses pada budaya tersebut.

Interpretasi :

Memang bukan sesuatu yang mudah mengenalkan budaya kepada generasi milenial. Namun jika kita mampu berinovasi dalam menyampaikan informasi budaya kepada mereka tentu memudahkan dalam transfer informasi. Karena kita sadari bersama bahwa tidak semua yang berasal dari dunia barat itu baik dan sesuai dengan budaya kita.  

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam (Gerhana Bulan)

Contoh Teks Eksplanasi

Gerhana Bulan

Pernyataan Umum :

Gerhana bulan merupakan suatu fenomena alam yang tidak terjadi setiap waktu. Fenomena ini terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Jika dijelaskan dengan bahasa sederhana gerhana bulan terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada pada satu garis lurus yang sama.

Sinar matahari yang seharusnya mencapai bulan karena terhalangi bumi maka menjadikan bulan tidak mendapat sinar matahari. Namun tidak selamanya oposisi bulan dengan matahari akan memunculkan peristiwa gerhana bulan. Hal ini terjadi karena kemiringan orbit bulan terhadap bidang ekliptika sebesar 5°. Untuk beroposisi dari satu titik ke titik lainnya bulan membutuhkan waktu 29.53 hari. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Ketika terjadi gerhana bulan terkadang penampakan bulan masih terlihat sebagian. Hal ini dapat terjadi karena sinar matahari yang ada berbelok menuju arah bulan. Fenomena ini merupakan proses kerja dari atmosfir bumi.

Karena sinar matahari memiliki spectrum cahaya kemerahan, maka kita dapat saksikan dalam setiap peristiwa Gerhana Bulan tampilan bulan akan kelihatan lebih gelap dari biasanya. Gerhana bulan sendiri dapat dibagi menjadi tiga jenis yakni : 

  • Gerhana Bulan Total 

Gerhana bulan ini terjadi saat seluruh bagian bulan melewati bayangan umbral Bumi. Ketika terjadi peristiwa ini bulan akan berwarna orange pekat.

  • Gerhana Bulan Sebagian

Gerhana bulan ini terjadi saat sebagian bagian bulan melewati bayangan umbral bumi. Saat peristiwa ini berlangsung bulan akan berwarna merah tua atau abu-abu.

  • Gerhana Bulan Penumbra

Gerhana bulan ini terjadi saat bulan melewati bayangan penumbral bumi.

Saat terjadi gerhana bulan kita dapat melihatnya dengan mata telanjang tanpa bantuan alat apapun. Untuk masyarakat muslim saat terjadi gerhana bulan di sunahkan untuk melaksanakan sholat gerhana secara berjamaah maupun sendirian.

Interpretasi :

Fenomena gerhana bulan merupakan suatu aktivitas rutin dari bulan. Ketika Bulan, Bumi dan Matahari menempati posisi yang sejajar maka timbullah fenomena tersebut. Jika kita bisa mengambil hikmah lebih dalam bahwa peristiwa ini merupakan salah satu bukti kebesaran Tuhan.

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam (Gempa Bumi)

Contoh Teks Eksplanasi

Gempa Bumi

Pernyataan Umum :

Gempa bumi adalah sebuah fenomena alam dimana terjadinya getaran yang terjadi dipermukaan bumi karena adanya pelepasan energi dari dalam bumi secara tiba-tiba yang memunculkan gelombang seismic. Secara umum lokasi yang sering mengalami gempa bumi berada di wilayah sekitar gunung berapi dan daerah yang dilewati oleh lempeng bumi.

Fenomena gempa bumi yang terjadi diukur berdasarkan skala rickter. Indonesia sendiri merupakan salah satu Negara yang berpotensi sering mengalami gempa bumi. Ada sebagian wilayah yang berada diatas pergerakan lempeng Eurasia, lempeng Indo Australia dan lempeng Pasifik.

Selain itu di Indonesia juga masih banyak memiliki gunung berapi yang statusnya masih aktif. Kejadian gempa bumi seperti yang beberapa waktu ini sering terjadi, memiliki dampak yang sangat besar ekonomi. Fenomena gempa bumi dengan skala yang besar dapat menghancurkan bangunan yang berada pada radius hingga lebih dari 50 Km.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Menurut para ahli geologi fenomena gempa bumi berdasarkan sebab terjadinya dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik adalah gempa yang diakibatkan oleh pergerakan lempeng yang berada dibawah bumi. Para ahli berpendapat bahwa bumi ini tersusun dari beberapa lapisan lempeng bumi.

Tiap-tiap lempeng ini saling bergerak dan pada suatu kondisi lempeng itu bisa saling bertubrukan. Tubrukkan ini yang menyebabkan terjadinya gempa. Jenis gempa ini banyak terjadi di Pulau Jawa bagian Selatan hingga Sumatera bagian Barat.

Gempa vulkanik adalah gempa yang diakibatkan oleh terjadinya letusan gunung berapi yang masih aktif. Letusan ini dapat berdampak pada guncangan dasyat yang terjadi di bumi. Zaman dahulu kita pernah mengalami sebuah gempa besar yang terjadi sebagai akibat letusan gunung Krakatau. Namun jenis gempa vulkanik secara intensitas lebih rendah dibandingkan gempa tektonik.

Interpretasi :

Indonesia merupakan Negara yang memiliki potensi besar mengalami gempa bumi baik tektonik maupun vulkanik. Kita diharuskan waspada hanya tidak boleh menimbulkan kekhawatiran berlebih. Kita perlu waspada dan siaga menghadapi kemungkinan terjadinya gempa.

Pemerintah pun perlu melakukan sosialisasi di daerah rawan gempa dan mengajarkan teknik bangunan anti gempa. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir resiko kerugian yang muncul akibat gempa bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Kekeringan

Contoh Teks Eksplanasi

Penyebab Kekeringan

Pernyataan Umum :

Kekeringan adalah kondisi yang terjadi saat kemarau panjang. Tidak turunnya hujan yang sangat lama. Menjadikan debit air berkurang didalam tanah. Hampir sebagian besar daerah di Indonesia mengalami kekeringan. Banyak warga mulai sulit mendapatkan air. Sebagian sumber air kering. Menyebabkan warga kesulitan air bersih.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Mengapa kekeringan bisa terjadi. Jika kita amati penyebab utamanya tidak turunnya hujan. Musim kemarau berkepanjangan. Menjadikan tidak adanya air yang turun masuk ke tanah. Tanpa adanya air hujan menjadikan tanah mengering.

Selain hujan yang tidak turun saat kemarau. Ketika musim hujan banyak air yang tidak diserap tanah. Penyebabnya adalah banyak pohon di tebang. Hutan-hutan menjadi gundul karena fungsi alih lahan.

Berubahnya penggunaan lahan dari pepohonan menjadi bangunan. Menjadikan tidak ada yang dapat menyerap air hujan. Padahal ketika pohon masih ada air hujan akan tertahan dalam tanah.

Tidak adanya waduk sebagai tempat menyimpan air juga berpengaruh. Fungsi waduk sebagai penyimpanan air. Dapat bermanfaat dalam menyalurkan air bagi warga.

Interpretasi :

Semakin banyaknya terjadi kekeringan dibeberapa daerah. Seharusnya mulai menyadarkan kita. Bahwa keseimbangan di alam harus kita jaga. Caranya dengan melestarikan hutan. Serta mengelola pembangunan dengan berkesinambungan.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Contoh Teks Eksplanasi

Penyebab Musibah Banjir

Pernyataan Umum :

Musim hujan merupakan berkah bagi setiap makhluk hidup tak terkecuali manusia. Saat sudah dilanda musim kemarau yang cukup panjang. Maka datangnya hujan seperti sebuah oase di padang pasir.

Namun jika kita melihat fenomena yang saat ini sering terjadi bahwa bersama datangnya hujan maka akan banyak timbul banjir dibeberapa daerah. Banjir sendiri merupakan suatu peristiwa meluapnya air yang tidak bisa mengalir dengan lancar dari hulu hingga ke hilir.

Berkaca melihat kondisi saat ini terutama kota-kota besar di Indonesia. Kebanyakan banjir terjadi didaerah yang padat penduduk. Seolah-olah bumi ini tidak sanggup lagi menahan tingginya pertumbuhan penduduk. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Ketika kita menganalisa apa yang menyebabkan banjir dapat terjadi. Kita harus melihat dari sisi hulu sampai ke hilir air itu mengalir. Penebangan pohon-pohon yang berada didataran tinggi merupakan salah satu penyebab munculnya bencana banjir di sebagian wilayah Indonesia.

Ketika hujan datang air langsung mengalir menuju sungai tanpa bisa ditahan terlebih dahulu oleh pohon-pohon yang berada didataran tinggi. Di Samping itu pertumbuhan penduduk di kota-kota besar juga menjadikan meningkatnya konversi lahan pinggir kali menjadi pemukiman. Hal ini berdampak pada menyempitnya sungai-sungai dan aliran air menjadi terhambat.

Interpretasi :

Fenomena banjir kita ketahui bersama lebih dominan disebabkan perilaku manusia. Tentunya ini perlu menjadi perhatian serius bagi pemerintah dan masyarakat agar bergotong-royong merawat hutan. Serta memulai hidup lebih bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi

Pendidikan Untuk Membentuk Karakter

Pernyataan Umum :

Bicara dunia pendidikan khususnya di Indonesia memang belum bisa dikatakan sempurna. Sejak dahulu hingga saat ini rasanya sistem pendidikan kita masih terus berbenah kea rah yang lebih baik. Saat ini sudah mulai ditinggalkan adanya peringkat di sekolah.

Hal ini digunakan untuk menyatakan bahwa nilai itu bukanlah hasil akhir dari pendidikan. Betapa banyaknya kita melihat kondisi saat ini orang-orang yang memiliki kepintaran justru kurang memiliki karakter yang baik. Sering kita mendengar berita bahwa ada murid yang menganiaya gurunya hanya karena yang bersangkutan di hokum karena melanggar peraturan sekolah. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Menjadi menarik maka ketika kita membahas perlunya tujuan pendidikan untuk membentuk seorang yang berkarakter. Sebuah karakter yang baik akan mudah menghasilkan suatu karya yang baik serta bermanfaat bagi semua orang.

Ketika hadir dalam masyarakat tentu karakter menjadi penentu nilai seseorang dibanding orang lainnya. Itulah mengapa pendidikan perlu meningkatkan porsi karakter pada diri anak agar senantiasa tidak besar kepala karena prestasi yang dimiliki.

Namun menjadi pribadi yang berkarakter positif untuk berkembang bersama-sama. Saling membantu antara seseorang yang pintar dengan yang kurang pintar. Membantu dalam arti saling mengajarkan atau berdiskusi terkait materi pelajaran yang diambil.

Interpretasi :

Maka sudah sepantasnya kita sebagai orang tua memberikan masukan pada pihak sekolah untuk mulai memasukkan pendidikan karakter kepada anak-anak kita. Agar mereka tidak hanya cerdas secara ilmu namun juga cerdas dalam bertindak, bergaul dan mengambil keputusan dalam hidup.

Contoh Teks Eksplanasi Lingkungan

Contoh Teks Eksplanasi

Penyebab Pencemaran Lingkungan

Pernyataan Umum :

Pencemaran lingkungan adalah terjadinya perubahan pada lingkungan yang tidak dikehendaki yang dapat berdampak bagi kesehatan, keselamatan dan keberlangsungan kehidupan makhluk hidup secara normal.

Saat ini seiring dengan pertumbuhan manusia dan industry, tingkat pencemaran lingkungan sudah semakin mengkhawatirkan. Kota-kota besar merupakan sentra pencemaran lingkungan baik air dan udara. Jika hal ini terus berlanjut akan sangat membahayakan manusia sendiri. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Pertumbuhan manusia, industry dan kendaraan jika tidak didukung penanganan yang baik dampaknya adalah pada lingkungan. Kita melihat dari segi industry saat ini banyak menghasilkan emisi gas buang yang mencemari lingkungan.

Di tambah dengan pertumbuhan kendaraan bermotor yang menghasilkan emisi CO2 yang sangat-sangat berbahaya bahkan dapat menimbulkan penyakit mematikan seperti kanker paru-paru, infeksi saluran pencernaan.

Pembuangan limbah rumah tangga juga perlu diwaspadai. Dalam jumlah besar ketika kita membuang air kotoran sabun pencuci atau pel ke dalam sungai, akan berdampak pada tercemarnya air sungai seperti yang terjadi saat ini. 

Interpretasi :

Kesadaran masyarakat, pelaku industry dan pemerintah diperlukan untuk meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan. Sebagai pribadi kita dituntut untuk menggunakan sesuatu yang ramah lingkungan.

Sebagai industry kita juga harus berfikir bahan-bahan yang digunakan agar tidak berbahaya bagi keselamatan orang lain. Peranan pemerintah sendiri adalah sebagai pengawas semua aktivitas yang ada agar dampak buruknya dapat diminimalisir.

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi

Tsunami dan Penyebabnya

Pernyataan Umum :

Tsunami berasal dari dua kata yakni Tsu yang berarti pelabuhan dan nami yang artinya gelombang. Menurut para ahli tsunami adalah gelombang air laut yang sangat besar yang ditimbulkan oleh adanya peristiwa di dasar laut. Saat terjadi tsunami gelombang yang terjadi sangatlah besar.

Pada suatu kejadian tsunami di Negara tertentu dapat mencapai 15-30 meter. Terjadinya tsunami bukanlah peristiwa yang langsung terjadi begitu saja. Biasanya terjadi peristiwa surutnya air laut pada jarak yang sangat panjang. Setelah 1-3 jam peristiwa air surut maka akan muncul gelombang besar air yang bergerak menuju tepi pantai.

Indonesia merupakan salah satu negera yang sering mengalami tsunami. Baik itu dalam skala besar maupun kecil. Daerah yang rawan tsunami di Indonesia berada di selatan Pulau Jawa hingga Barat Pulau Sumatra. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Terkait dengan penyebab munculnya gelombang tsunami. Ada tiga jenis fenomena alam yang dapat menyebabkan tsunami. Pertama adalah gempa bumi yang terjadi dibawah laut dengan kekuatan gempa lebih dari 7 Skala Richter.

Kedua adalah adanya letusan gunung berapi bawah laut. Letusan yang terjadi dapat mengakibatkan timbulnya gelombang besar yang terjadi dilaut. Ketiga adalah Longsornya gunung atau gletser (gunung es) yang membawa banyak material ke laut dapat menyebabkan timbulnya gelombang tsunami.

Keempat yang menjadi penyabab tsunami adalah jatuhnya benda dari luar angkasa yang masuk melewati atmosfir bumi juga dapat berdampak timbulnya gelombang tsunami.

Interpretasi :

Tsunami memang merupakan kejadian alam yang sangat luar bisa dampaknya. Dampak yang ditimbulkan dapat menimbulkan korban jiwa dalam jumlah besar. Perlu adanya peringatan terhadap masyarakat yang berada di wilayah yang rawan tsunami agar selalu siap untuk melakukan evakusi menuju daerah yang aman.  

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Contoh Teks Eksplanasi

Bahaya LGBT

Pernyataan Umum :

Seiring masuknya arus informasi dari luar negri kadang membawa pengaruh buruk bagi generasi muda kita. Salah satu yang berbahaya adalah adanya penyimpangan seksual atau yang lebih dikenal dengan LGBT.

Saat ini tidak hanya kaum muda, bahkan banyak diantaranya yang sudah berusia tidak muda lagi terjangkit penyakit ini. Banyak dari mereka yang tidak sadar bahwa ada masalah yang akan muncul kedepannya ketika mereka terjebak dalam LGBT.

Walaupun saat ini di Indonesia masih terjadi perdebatan terkait masalah ini. Namun sebagai orang tua sudah sepatutnya kita mewaspadai agar anak-anak kita tidak sampai berprilaku menyimpang. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Apa yang menyebabkan LGBT itu menjadi masalah dimasyarakat kita. Saat berbicara sesuatu yang menyimpang maka kita pasti akan berfikir ada keburukan disana.

Dari segi kesehatan seseorang yang berhubungan sesame jenis berdasarkan data yang ada sangat rentan terjangkit penyakit kelamin. Dalam banyak kasus sampai pada taraf HIV AIDS, sungguh ini sangat berbahaya jika dibiarkan saja terjadi.

Selain itu jika seseorang memilih menjadi LGBT maka akan terputuslah garis keturunannya. Tidak mungkin seseorang dapat memiliki keturunan dari sesame jenis. Di tambah secara agama, semua agama dengan tegas melarang penyimpangan seksual yang dampak buruknya sangat banyak.

Interpretasi :

Sudah seyogyanya kita mulai mewaspadai penyimpangan ini. Karena banyaknya keburukan yang ada didalamnya. Kita mulai didik anak-anak kita akan adanya fitrah manusi untuk berpasang-pasangan berbeda jenis.

Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor

Tanah Longsor dan Penyebabnya

Pernyataan Umum :

Tanah longsor merupakan suatu peristiwa geologi yang muncul akibat pergerakan massa tanah atau batuan baik dalam ukuran kecil maupun besar. Daerah dataran tinggi dan berbukit biasanya sangat rentan mengalami tanah longsor.

Proses longsornya tanah tidaklah berlangsung begitu saja, namun memerlukan waktu yang tidak bisa diprediksi. Hanya pada saat kondisi tertentu dapat terjadi tanah longsor. Fenomena tanah longsor dapat berbahaya ketika terjadi didaerah yang berdekatan dengan pemukiman penduduk atau di pinggir jalan utama.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Daerah dengan kondisi berbukit dan memiliki tekstur tanah yang labil sangat rentan terkena dampak tanah longsor. Secara umum fenomena tanah longsor dapat terjadi disebabkan oleh dua faktor yakni faktor pendorong dan faktor pemicu.

Faktor pendorong merupakan faktor-faktor yang berpengaruh pada kondisi material sendiri. Sedangkan faktor pemicu merupakan faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Selain kedua faktor tersebut ada beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi terjadinya tanah longsor yakni :

  • Erosi yang disebabkan oleh aliran air permukaan saat hujan
  • Gempa bumi yang menyebabkan getaran tanah 
  • Gunung berapi yang menimbulkan longsor material vulkanik
  • Penebangan kayu di hutan berlereng

Interpretasi :

Memang terdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya tanah longsor. Terlepas dari adanya fenomena alam yang menyebabkannya. Namun ada baiknya dilakukan sterilisasi daerah-daerah rawan longsor. Fungsinya adalah meminimalisir korban jiwa jika terjadi tanah longsor, karena peristiwa ini tidak dapat diprediksi.

Contoh Teks Eksplanasi Kebakaran Hutan

Contoh Teks Eksplanasi

Kebakaran Hutan dan Penyebabnya

Pernyataan Umum :

Kebakaran hutan merupakan peristiwa terbakarnya pepohonan yang berada didalam hutan, peristiwa ini dapat terjadi secara sengaja maupun tidak disengaja. Semakin berkembangnya era industrialisasi merupakan salah satu yang mendasari terjadinya peristiwa ini.

Jika kita memperhatikan banyak kasus yang terjadi di negri ini. Dampak yang timbul dari kebakaran hutan tidak hanya dirasakan oleh orang-orang disekitar kejadian tersebut. Namun dapat dirasakan oleh orang-orang yang jauh berada dari hutan.

Dampak kesehatan menjadi sangat penting, karena banyak orang yang mengalami kesulitan bernafas karena asap yang ditimbulkan. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Faktor kesengajaan memang menjadi penyebab utama terjadinya pembakaran hutan. Demi membuka lahan dengan biaya yang murah, banyak pengusaha yang secara sengaja membakar hutan.

Sangat disayangkan hal ini dapat terjadi, karena dengan mereka membakar hutan maka ada banyak kerugian secara ekologis dan kesehatan yang harus dirasakan oleh orang lain. Saat ini di sebagian besar wilayah hutan Sumatra dan Kalimantan banyak terjadi kasus pembakaran hutan secara sengaja.

Selain karena faktor kesengajaan, kebakaran hutan dapat terjadi karena faktor alami. Musim kemarau yang berkepanjangan menjadikan tanaman menjadi kering yang dapat sangat cepat terbakar begitu ada api walaupun kecil.

Peristiwa seperti ini memang sulit untuk di amati, ditambah dengan luas hutan di Indonesia yang teramat luas. Membutuhkan biaya yang sangat tinggi untuk bisa memantau kondisi hutan kita.

Interpretasi :

Kebakaran hutan memiliki dampak yang sangat luar biasa bagi masyarakat terutama dibidang kesehatan. Jika kita telaah lebih mendalam maka perlu di beri tindakan tegas untuk para pelaku pembakaran hutan yang dengan sengaja melakukan hal ini. Rasanya tanpa itu akan sulit untuk bisa mengurangi resiko kebakaran hutan.

Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Contoh Teks Eksplanasi

Gerhana Matahari

Pernyataan Umum :

Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang terjadi 25 tahun sekali. Peristiwa ini terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di atas langit bumi.

Menurut para pengamat gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat jenis yakni : Gerhana Matahari Total, Gerhana Matahari Cincin, Gerhana Matahari Sebagian, dan Gerhana Matahari Hibrida atau Campuran. 

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Gerhana Matahari total pada umumnya disebabkan oleh bulan yang menutupi cahaya matahari. Wilayah yang terkena fenomena ini biasanya akan menjadi gelap total.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika piringan bulan lebih kecil dari ukuran piringan matahari. Gerhana matahari sebagian adalah kondisi dimana bulan hanya menutupi sebagian cahaya matahari. Gerhana matahari hibrida adalah gerhana matahari hibrida yang bertransisi menjadi gerhana matahari total.

Lantas mengapa bayangan bulan mampu untuk menutupi cahaya matahari seluruhnya? Hal ini terjadi karena jarak bulan ke bumi lebih dekat dibandingkan jarak bumi ke matahari. Jarak bulan ke bumi adalah rata-rata 384.400 kilometer dari bumi. Sementara jarak matahari ke bumi adalah rata-rata 149.680.000 kilometer. 

Interpretasi :

Fenomena gerhana matahari merupakan peristiwa yang langka. Sehingga banyak orang bersemangat untuk menyaksikan fenomena tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa ketika akan melihat gerhana matahari kita disarankan menggunakan kacamata sunglasess untuk menyaring radiasi inframerah yang dapat merusak retina mata.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Contoh Teks Eksplanasi

Proses Terjadinya Pelangi

Pernyataan Umum :

Pelangi adalah gejala optik dan meteorology berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit. Kemunculan pelangi biasanya terjadi setelah hujan, bentuknya melengkung berwarna-warni yang menjadikan langit terlihat lebih indah.

Ternyata pelangi juga memiliki jenis tertentu yakni Pelangi Primer dan Pelangi Sekunder. Ketika muncul fenomena pelangi primer yang menjadi penyebabnya adalah karena pelangi ini hanya terjadi akibat satu pantulan air hujan yang memiliki warna terkuat. Sementara untuk pelangi sekunder terjadi karena pemantulan cahaya sebanyak dua kali atau lebih.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Proses terbentuknya pelangi sebenarnya adalah diawali dari cahaya polikromatik atau cahaya matahari. Mata manusia sanggup menyerap minimal tujuh warna yang dikandung cahaya matahari yang akan terlihat dipelangi yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan violet.

Pelangi sendiri adalah busur spectrum warna besar yang terjadi karena adanya pembiasan cahaya matahari melewati butiran air. Saat cahaya berwarna ini dipantulkan dan keluar kembali dari tetesan air dan tersusun menjadi merah di bagian atas dan ungu paling bawah. 

Interpretasi :

Pelangi hanya dapat di lihat setelah hujan bersamaan dengan adanya matahari. Kita dapat mengamatinya dari arah berlawanan yang berada di antara matahari dan tetesan air. Mata pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam garis lurus.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sampah

Contoh Teks Eksplanasi

Peningkatan Sampah Plastik

Pernyataan Umum :

Kondisi lingkungan saat ini sudah mulai memprihatinkan. Jika kita mengamati ternyata bahaya itu tidak hanya hadir karena industry namun juga berasal dari sampah rumah tangga. Saat ini jenis sampah plastic mulai memprihatinkan, karena sampah jenis ini perlu waktu sangat lama untuk terurai di tanah.

Sementara tingkat konsumsi plastik terutama di rumah tangga sangat tinggi. Kita pahami bahwa seolah kita bisa lepas dari plastik mulai dari kantong, tempat makan, bahkan sampai tempat minuman yang dibeli diluar rumah.

Dapat dikatakan kondisinya saat ini sangat memprihatinkan, belum diolahnya sampah plastik dengan baik menjadikan bahan ini bisa membahayakan lingkungan.

Deretan Penjelasan Sebab Akibat :

Pertumbuhan masyarakat yang hidup di perkotaan maupun pedesaan menjadikan meningkatnya sampah yang dihasilkan rumah tangga. Jika kita bicara satu rumah maka dalam satu hari dapat menghasilkan sampah plastik yang besar.

Belum lagi dari kemasan makanan instan atau minuman yang saat ini banyak menggunakan bahan dari plastik. Jika semakin lama hal ini terus dibiarkan maka bumi ini akan kesulitan untuk mengurai sampah plastik. Pengolahan yang ramah lingkungan diperlukan agar kesinambungan dapat terjaga dialam.

Tidak hanya dari rumah tangga konsumsi sampah plastic pun mulai meningkat dari rumah makan. Saat ini memang kebanyakan mereka menggunakan plastik sebagai pembungkus. Apalagi harga kemasan plastik lebih murah dibandingkan kemasan dari bahan lainnya.

Interpretasi :

Sudah tentu penumpukan sampah plastik akan berdampak kurang baik bagi lingkungan. Jika semakin sering digunakan dalam jumlah besar akan menjadikan anak cucu kita harus menanggung sampah ini. Perlu ada kebijakan terkait dengan penggunaan sampah plastik agar dampak negatifnya dapat diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *