Contoh Pidato Singkat

Fungsi Pidato Secara Umum

Contoh Pidato Singkat – Pidato merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan kemampuan berbicara di depan banyak orang, sehingga tidak heran banyak orang yang ingin mencari contoh pidato singkat. Pidato ini dilakukan guna menyampaikan ide, gagasan, pernyataan, petunjuk, atau juga nasehat dengan menggunakan susunan kata yang baik dan benar. Tak hanya itu, tetapi pidato juga diartikan sebagai aktivitas berbicara di depan khalayak atau berorasi.

Dalam hal ini, orang yang berbicara atau orator akan menyampaikan sikap, pernyataan, juga memberikan informasi tentang segala sesuatu yang sedang terjadi. Pidato biasanya juga dilakukan oleh orator yang dianggap penting guna menyampaikan pandangan tentang suatu hal dengan cara orasi. Contoh pidato sangat banyak seperti pidato Bahasa Jawa, Pidato Persuasif, dan lainnya. Semua contoh pidato tersebut dapat Anda simak pada artikel berikut.

Daftar isi

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

Pengertian Pidato Menurut Para Ahli
Contoh Pidato Singkat

Berikut ini adalah pengertian pidato menurut para ahli yang dapat Anda simak.

1.Arsjad

Pidato merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide, konsep, atau juga gagasan sang orator kepada audience di muka umum dengan tujuan untuk menciptakan rasa yakin terhadap idea tau gagasan yang telah disampaikan.

2. Emha Abdurrahman

Pidato merupakan kegiatan untuk menyampaikan pendapat atau uraian secara lisan tentang suatu hal atau masalah dengan kalimat yang jelas di hadapan banyak orang dalam waktu tertentu.

3. Syam

Pidato adalah teknik atau kemampuan berbicara yang menggunakan susunan kata dan bahasa yang efektif untuk menunjukkan kemahiran atau keterampilan orator dalam memilih kata yang tepat dan dalam mempengaruhi para pendengar.

4. Wikipedia

Wikipedia Indonesia menyebutkan bahwa pidato merupakan kegiatan untuk berbicara di depan umum, atau melakuan orasi guna menyatakan pendapat atau memberikan gambaran terhadap hal yang sedang terjadi.

Tujuan Pidato

Tujuan pidato adalah sebagai berikut:

  1. Mengajak atau mempengaruhi orang lain agar dapat mengikuti nasehat atau pandangan Anda secara suka rela.
  2. Memberikan informasi atau wawasan kepada orang lain.
  3. Menghibur orang lain sehingga merasa senang dengan apa yang Anda sampaikan melalui pidato.

Fungsi Pidato Secara Umum

Fungsi Pidato Secara Umum
Contoh Pidato Singkat

Ada beberapa fungsi dalam berpidato secara umum, yaitu sebagai berikut.

1. Pidato Adalah Cara Berkomuikasi Yang Lebih mudah

Pidato menjadi salah satu cara untuk membangun komunikasi di depan khalayak dengan cara yang lebih mudah. Tentu, tidak mudah berkomunikasi dengan orang banyak. Namun, ketika Anda sudah berpidato, maka audiens akan memperhatikan Anda, mendengarkan apa yang Anda sampaikan, juga membangun interaksi yang positif.

2. Pidato Sebagai Wadah Dalam Berorganisasi

Dalam setiap organisasi, metode komunikasi menjadi pondasi penting agar setiap anggota mampu memperoleh informasi. Berpidato akan membantu ketua organisasi untuk menyampaikan informasi agar dapat didengar secara langsung oleh seluruh anggota.

3. Pidato Dapat Menciptakan Suasana Yang Kondusif

Bisakah Anda bayangkan apa yang terjadi ketika Anda berada di ruangan dan hendak menyampaikan sesuatu, namun kondisi begitu tidak kondusif? Ketika banyak yang mengobrol, banyak yang sibuk sendiri, atau apapun itu, maka pidato dapat digunakan sebagai cara yang tepat untuk menyampaikan informasi tanpa membuang waktu.

Informasi dari pidato langsung didengar oleh seluruh anggota, sehingga hanya satu saja yang berbicara dan yang lain cukup menyimak. Bahkan, dari pidato juga akan muncul pertanyaan, sanggahan, atau tanggapan yang akan sangat membantu dalam menjalin komunikasi dan interaksi organisasi.

4. Pidato Membangun Hubungan Harmonis

Ketika berpidato, Anda akan menyampaikan ide, gagasan, atau secara langsung membangun komunikasi dengan seluruh anggota organisasi. Tidak peduli Anda seorang atasan yang hendak memberikan arahan kepada bawahan, atau seorang bawahan yang sedang ditunjuk untuk menyampaikan saran, pidato sangat membantu mengurangi miskomunikasi, dan menjadi wadah untuk menyampaikan aspirasi.

Macam Macam Pidato

Macam Macam Pidato
jenis jenis pidato

Macam-macam pidato bergantung pada isi atau sifat pidato yang hendak disampaikan, sebagaimana berikut.

  1. Pidato Pembukaan – Pidato singkat yang disampaikan oleh pembawa acara atau MC. Dalam kegiatan tertentu.
  2. Pidato Pengarahan – Pidato yang bersifat mengarahkan dalam suatu pertemuan.
  3. Pidato Sambutan – Pidato yang disampaikan dalam suatu kegiatan atau peristiwa yang dapat dilakukan oleh beberapa orator dengan waktu terbatas secara bergantian.
  4. Pidato Peresmian – Pidato yang bersifat untuk meresmikan sesuatu yang disampaikan pada orang yang berpengaruh.
  5. Pidato Laporan – Pidato yang bersifat untuk menyampaikan suatu kegiatan atau tugas yang telah dilaksanakan.
  6. Pidato Pertanggungjawaban – Pidato yang bersifat menyampaikan laporan pertanggungjawaban dalam kegiatan tertentu.

Metode Berpidato

Metode Berpidato
Contoh Pidato Singkat

Apa saja metode berpidato? Berikut adalah beberapa metode dalam berpidato yang harus Anda ketahui:

  1. Impromptu – Metode yang digunakan ketika orator melakukan pidato secara langsung tanpa ada persiapan terlebih dahulu.
  2. Memoriter – Pidato dengan metode menghafalkan naskah teks terlebih dahulu.
  3. Naskah – Metode berpidato dengan cara membaca naskah atau teks.
  4. Ekstemporan – Metode berpidato dengan membuat konsep tentang apa yang ingin disampaikan secara garis besar.

Kerangka Pidato

Kerangka Pidato
Contoh Pidato Singkat

Berikut adalah informasi tentang bagaimana cara menyusun kerangka atau struktur berpidato.

1. Pembukaan

Dalam pembukaan, berikut hal-hal yang harus disampaikan:

Salam Pembuka – Merupakan ucapan untuk memberikan penghormatan, terutama bagi orang-orang berpengaruh dengan jabatan tertinggi sampai jabatan terendah.

Ucapan Syukur – Orator menyampaikan ucapan rasa terimakasih karena kesempatan yang diberikan sehingga dapat menyampaikan pidato juga dapat berkumpul dengan seluruh hadirin.

Ucapan Pengantar – Susunan kata atau bahasa yang digunakan untuk membahas topik yang ingin disampaikan.

2. Isi Pidato

Pada bagian ini, orator akan membahas tentang isi pidato yang ingin disampaikan, entah itu adalah pidato singkat atau tidak.

3. Penutup

Orator menyampaikan kesimpulan dari isi pidato yang telah disampaikan. Orator juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan ketika menaympaikan isi pidato. Juga, orator memberikan salam penutup.

4. Salam

Salam diberikan sebagai tanda bahwa pidato yang disampaikan telah berakhir. Juga, salam bisa menyesuaikan dengan agama masing-masing.

Persiapan Pidato

Persiapan Pidato
Contoh Pidato Singkat

Guna menciptakan kesan positif selama berpidato, maka perlu dilakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah yag harus Anda lakukan sebagai bentuk persiapan berpidato:

  1. Ketahui wawasan audience secara umum
  2. Ketahui terlebih dahulu durasi atau waktu yang akan diberikan kepada Anda untuk berpidato.
  3. Susun isi pidato dengan kata-kata yang sederhana yang sangat mudah dipahami oleh semua kalangan.
  4. Ketahui jenis pidato juga tema acara.
  5. Siapkan berbagai bahan juga perlengkapan pidato yang dibutuhkan.
  6. Siapkan mental untuk menghilangkan gugup saat kamu berpidato nanti.

Nah, jika Anda sudah mempelajari beberapa materi tentang berpidato, kini Anda bisa melihat berbagai Contoh pidato singkat berikut ini. Anda bisa menggunakan beberapa contoh tersebut untuk latihan berpidato mulai dari sekarang.

Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan Sekolah

Contoh Pidato Singkat Tentang Perpisahan Sekolah
Contoh Pidato Singkat

Assalamu’alaikum warohmatullah, wabarokatuh.

Kepada yang terhormat, bapak kepala sekolah_______ (nama sekolah)

Yang terhormat bapak ibu guru dan staf.

Dan para hadirin yang saya sayangi.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya, sehingga pada pagi hari ini kita dapat bertatap muka dalam acara perpisahan sekolah tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada Baginda Nabi Besar, Nabi Muhammad SAW. Berkat kasih sayang beliaulah, kita dapat menikmati indahnya islam saat ini. Semoga kita mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti.

Pada kesempatan kali ini, kami sangat bersyukur karena telah menjadi bagian dari keluarga sekolah __________ (Nama Sekolah). Tentu saja, ada banyak hal yang ingin kami sampaikan.

Saya pribadi menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya terhadap para guru. Jasa-jasanya yang tak terhingga, kesabaran yang luar biasa dalam membimbing kami untuk menuntut ilmu. Tidak hanya ilmu secara akademik yang kami butuhkan untuk masa depan berkarir nanti, tapi juga ilmu-ilmu tentang berakhlaq yang baik, sopan santun, rukun, dan lainnya yang akan membantu kami dalam menjalani kehidupan bermasyarakat.

Tidak terasa, tahun demi tahun berlalu. Selain belajar, kami juga dididik untuk berorganisasi, melakukan berbagai kegiatan dengan segudang kenangan yang manis. Pesan saya untuk teman-teman bahwa perpisahan ini bukan segalanya. Bukan akhir, namun menjadi awal untuk pribadi yang lebih baik. Perjuangan ini baru saja dimulai. Pasti semua ingin mewujudkan mimpi, menjadi pribadi yang sukses dan bermanfaat bagi orang tua juga masyarakat.

Kami sadar, kami tidak bisa membalas satu per satu jasa bapak ibu guru juga para staff yang telah membantu kami. Hanya untaian doa yang terucap, supaya seluruh pihak di sekolah ini diberikan kemudahan dalam perjuangan mendidik generasi-generasi selanjutnya. Kami juga mohon maaf, apabila tutur dan perbuatan kami sangat melukai semua guru dan staf, entah itu disengaja atau tidak.

Akhir kata,

Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat

Contoh Pidato Bahasa Jawa Singkat
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullah Wabarokatuh

Ingkang kaping sapindah, monggo kito sareng-sareng maturaken rasa syukur kito maring Gusti Allah SWT ingkang sampun maringi nikmat lan kebecikan kanggo kito sedoyo sehinggo kito saget kempal tanpo halangan punopo. Mugio, kito sedoyo diparingipun hidayah lan inayah. Kaping kaleh, sholawat lan salam mugio dipun paringaken dumateng Nabi Muhammad SAW, ingkang sampun membimbing lan dados panutan umat islam.

Ing dinten ingkang berkah niki, kawulo lan panjenengan sedoyonipun mboten saget rukun, adem, ayem, lan tentrem kalih tetonggo, kaleh masyarakat kejawi kito sedoyo nggadah pendidikan moral ingkang sae.

Bapak ibu ingkang kawulo hormati,

Monggo kito sedoyo belajar sareng-sareng, ngelakoni amalan ingkang sae. Mergo saking amalan sae meniko, kito sedoyo saget dados pribadi ingkang bermoral naliko tumindak. Kito sedoyo saget dados pribadi ingkang bermoral, saget jogo kebecikan maring sedulur lan tetonggo, lan saget noto lisan kito.

Monggo kito sareng-sareng njagakake nilai-nilai kerjasama, nilai moral ingkang sae, toleransi. Mung niku sing dados atur kulo. Mugio saking pertemuan lan kegiatan ingkang sae niki, dados manfaat ingkang sae.

Wassalamualaikum warohmatullah Wabarokatuh

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

Contoh Pidato Singkat Perpisahan Kelas 6
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Kepada yang terhormat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bapak ibu guru, dan seluruh staff SD Negeri 01 Surabaya yang saya hormati

Alhamdulillahi Robbil Alamin, segala puji bagi Allah. Karena Rahmat-NYA, kita bisa berkumpul dalam acara perpisahan tanpa ada halangan. Sholawat serta Salam selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafaatnya nanti.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan rasa terimakasih. Terimakasih kepada bapak ibu guru juga staf di sekolah yang telah membantu kami. Sehingga, selama belajar di sini, kami mendapatkan pengalaman belajar yang sangat baik.

Terimakasih untuk kesabaran bapak ibu guru, karena tingkah nakal kami. Kami tidak bisa menyebutkan kebaikan satu per satu. Kami juga akan berdoa untuk bapak ibu guru, karena telah membimbing kami. Semoga Allah memudahkan perjuangan bapak ibu guru.

Sekian dari saya, apabila ada salah kata, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Melestarikan Lingkungan

Contoh Pidato Singkat Tentang Melestarikan Lingkungan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kasih-NYA kepada kita semua. Sehingga, kita bisa berkumpul untuk kegiatan kali ini tanpa halangan. Sholawat dan salam juga tercurah untuk baginda Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafaatnya nanti.

Dalam kesempatan hari ini, saya ingin menyampaikan ide tentang bagaimana melestarikan lingkungan di sekitar kita. Seperti yang kita ketahui sampai hari ini bahwa kesadaran masyarakat Indonesia dalam melestarika lingkungan masih rendah. Terciptanya masyarakat yang mandiri, yang tidak menunggu solusi dari pemerintah inilah yang perlu kita tanamkan, terutama dalam menghadapi masalah lingkungan, seperti penebangan hutan, kebersihan lingkungan, kebersihan area sekolah, dan lainnya.

Untuk itu, marilah kita sama-sama saling peduli dan memperhatikan bagaimana kondisi lingkungan di sekitar kita. Misalnya saja, kita bisa memulai langkah kecil seperti mengadakan kerja bakti rutin. Diharapkan, kedepannya nanti kita bis bergotong royong menanam area lingkungan sekitar rumah dengan aneka bunga, TOGA, dan lainnya. Program-program sadar lingkungan seperti bank sampah, penggolongan sampah organik dan anorganik, pengadaan sampah akan sangat penting untuk mendukung langkah awal bersama dalam menjaga lingkungan.

Demikian, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Tentang Disiplin

contoh pidato singkat tentang disiplin
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah, Wabarokatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Karunia dan Kasih-Nya kepada kita semua. Sehingga, pada hari ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat dan Salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa umat islam pada jalan yang benar.

Para hadirin yang saya sayangi,

Sebagai generasi muda, kita tentu memiliki banyak kegiatan yang harus kita lakukan. Kegiatan-kegiatan inilah yang nanti akan menentukan jadi apa kita di masa depan. Tentu teman-teman semua ingin meraih impian dan membahagiakan orang tua, namun bagaimana jika kita tidak mulai dengan sikap disiplin?

Disiplin bukanlah hal yang mudah. Terkadang kita sering marah ketika orang tua mengingatkan untuk belajar atau melakukan hal lain. Padahal, nasehat-nasehat inilah yang nanti akan menjaga kita agar tetap fokus dengan tujuan yang ingin kita raih. Dengan disiplin waktu, maka kita juga dapat memastikan untuk mencapai apapun yang kita inginkan sesuai dengan harapan.

Kita juga tahu semua bahwa waktu adalah pedang. Bagaimana jika kita tidak menggunakan waktu tersebut sebaik mungkin? Tentu itu akan melukai diri kita sendiri. Untuk itu, marilah kita sama-sama belajar dengan giat, menggunakan waktu sebaik mungkin, fokus dengan tujuan yang kita inginkan, dan menjadi generasi yang disiplin. Semoga dengan begini, pencapaian di masa depan akan lebih dari sekedar harapan.

Demikian, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Kepada yang terhormat, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bapak ibu guru dan juga jajaran staff SMP Bina Mulya 7 Kendal yang kami hormati

Pertama, marilah kita ucapkan rasa syukur, Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat serta InayahNYA sehingga kita bisa bertatap muka tanpa halangan apapun. Tak lupa, sholawat juga salam tercurah kepada Rasulullah SAW yang membimbing kita menuju jaman Islamiyah.

Pada saat ini, kita bisa menikmati semua hal secara mudah. Seluruh informasi bisa kita dapatkan dari berbagai media. Inilah mengapa Globalisasi menjadi salah satu dampak dari adanya kemudahan dalam menggali informasi.

Globalisasi tentu mebmerikan dampak positif dalam perkembangan sebuah negara. Misalnya, Globalisasi mendukung perbaikan dalam fasilitas infrastruktur negara, membantu negara dalam memperkenalkan budaya yang dimiliki dengan cara yang lebih mudah, dan membangun hubungan bilateral degnan negara yang memiliki visi misi yang sama. Namun, Globalisasi juga bsia berdampak buruk seperti pergaulan bebas, lunturnya kearifan lokal, dan lainnya.

Inilah mengapa, marilah kita sadar dengan adanya arus Globalisasi yang kuat ini. Dengan menyaring mana yang patut dan tidak patut untuk kita contoh menjadi salah satu cara agar Indonesia punya generasi yang sehat dan berakhlak mulia. Sekian dari kami,

Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Bebas
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat bapak kepala sekolah SMA Taruna Jaya 7 Semarang

Yang terhormat wakil kepala sekolah

Dan yang terhormat, seluruh bapak ibu guru dan jajaran staf di sekolah.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya pada hari ini. Sehingga, kita dapat bertemu dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Tanpa perjuangan Beliau, maka kita tidak akan bisa menikmati hijrah, yaitu Jaman Jahiliyah ke Jaman Islamiyah.

Sahabatku yang saya cintai,

Arus globalisasi menjadi salah satu perkara penting, terutama menjadi kekhawatiran bagi para orang tua. Rasanya, miris melihat bagaimana perkembangan anak-anak saat ini, dengan ancaman globalisasi, dimana budaya-budaya barat begitu mudahnya masuk. Bahkan, kita juga harus menerima banyak hal pahit seperti lunturnya budaya malu.

Anak-anak yang masih duduk di bangku SD mulai memadu kasih. Terkadang, para orang tua yang sibuk yang tidak punya waktu untuk anak-anak menjadi penyebabnya. Broken Home, pengalaman mendapatkan kekerasan, tentu semua hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa anak-anak jadi merasa perhatian orang lain begitu lebih besar. Ditambah lagi, media internet, film-film yang ditonton anak-anak tidak sesuai usia.

Hal-hal tersebut tentu sangat mungkin memicu anak-anak harus terpapar pergaulan bebas. Sebagai orangtua juga sekaligus guru, tentu ini bukan perkara mudah. Kita harus bekerja keras, bagaimana agar anak-anak punya nilai moral yang lebih bagus. Budaya-budaya agama juga harus kembali digalakkan. Sekedar untuk memupuk anak-anak agar merasa malu, kemudian tumbuh berkembang sebagai anak yang berakhlak.

Demikian dari kami, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Agama Islam Tentang Menuntut Ilmu

Contoh Pidato Singkat Agama Islam Tentang Menuntut Ilmu
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah, Wabarokatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Karunia dan Kasih-Nya kepada kita semua. Sehingga, pada hari ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat dan Salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa umat islam pada jalan yang benar.

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT,

Agama Islam menjadi satu-satunya agama yang paling diridhoi oleh Allah SWT. Ketika Nabi diangkat menjadi seorang Rasul, Nabi bahkan belum bisa membaca. Jibril yang memintanya untuk Iqro’ atau membaca surat Al Alaq pertama kali membuat Nabi bergetar hebat. Nabi yang merasa takut dan tidak mampu membaca menandakan bahwa perjuangan Rasul begitu besar.

Tidak heran dengan seluruh perjuangan dan pengalaman Beliau, maka Rasul pun dengan tegas meminta seluruh umat islam untuk menuntut ilmu. Rasul juga bersabda bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib, bagi seluruh muslim dan muslimah, anak-anak atau dewasa.

Banyak tokoh-tokoh islam yang sangat gemar menuntut Ilmu. Banyak tokoh-tokoh islam yang mempelajari berbagai hal baik di dunia medis, di dunia pendidikan, dan lainnya. Bagaimana jika generasi islam saat ini tidak peduli dengan kepentingan mencari ilmu? Tentu sudah dipastikan bahwa kita akan ketinggalan oleh umat lain.

Bahkan, pernah diceritakan bagaimana Umar Bin Khattab langsung marah ketika melihat sekumpulan pemuda yang hanya duduk-duduk tanpa melakukan pekerjaan apapun. Ya, Umar langsung menegur mengatakan bahwa mereka telah membuang-buang waktu. Padahal, waktu tidak dapat diputar. Jika belum menyelesaikan pekerjaan yang harus diselesaikan, maka sebaiknya adalah tidak menunda.

Pentingnya ilmu bagi agama islam juga akan menentukan kejayaan islam itu sendiri. Bagaimana jika tokoh-tokoh islam yang berilmu memberikan kontribusinya dalam berbagai bidang? Tentu ini akan bermanfaat bagi umat islam dan bahkan bagi umat yang lain. Degan menuntut ilmu, maka inilah yang akan membangun cira positif islam yang selalu haus dengan hal baru dan menjadikan kita sebagai pribadi yang sebaik-baiknya, yaitu yang bermanfaat.

Hadirin yang berbahagia,

Setelah kita tahu bahwa menuntut ilmu dalam islam adalah hukumnya wajib, penting sekali untuk mengetahui bagaimana sikap Rasulullah terhadap orang-orang yang berilmu. Orang-orang yang haus mencari ilmu atau orang-orang yang bergerak untuk menggunakan pengetahuannya sampai ia bermanfaat bagi orang lain, maka dimata Rasul ia lebih utama dibandingkan para ahli ibadah.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan, ahli ilmu telah bergerak, melakukan apapun sesuai dengan ilmu. Sedangkan bagi para ahli ibadah, mereka fokus dengan ibadahnya tanpa tahu apa manfaat dan kegunaan ibadah mereka. Itulah kenapa, orang yang berilmu yang bermanfaat punya pijakan pengetahuan yang kuat.

Bahkan, Rasulullah pernah bersabda sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Rasulullah mengatakan bahwa lebih baik bagi seseorang itu untuk mempelajari suatu ayat Alqur’an daripada beribadah 100 rakaat.

Bukan berarti hal ini membuat kita jadi meremehkan sholat. Ibadah dan mencari ilmu adalah kewajiban yang tidak bisa dipisahkan. Namun, beribadah saja tidak cukup jika kita tidak mau mencari ilmu atau mengamalkan ilmu. Itulah kenapa, sebaiknya kita juga memikirkan bagaimana mencari ilmu, tidak cepat puas walaupun kita sudah mengerti suatu hal tentang agama.

Demikian dari kami, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan

Contoh Pidato Singkat Tentang Kesehatan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullah, wabarokatuh.

Selamat pagi, dan salam sejahtera.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kita terhadap Allah yang Esa. Atas rahmat-Nya, kita dapat berkumpul tanpa ada halangan. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan tentang mengapa menjaga kesehatan itu sangat penting untuk masa depan.

Tentu, kita semua tahu bahwa kesehatan itu mahal harganya. Hal sepele bisa jadi serius. Misalnya, bagaimana jika Anda tiba-tiba saja merasa pusing sangat berat? Pasti Anda tidak akan mampu melakukan berbagai aktivitas. Banyak hal yang harusnya dikerjakan hari itu jadi tertunda. Pekerjaan di kantor jadi menumpuk, presentasi jadi kacau, dan ini akan sangat mempengaruhi masadepan Anda.

Nah itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Kesehatan ini sangat penting untuk dijaga supaya kita bisa melakukan hal yang lebih baik sesuai dengan harapan di masa depan nanti. Apalagi, negara yang kuat itu negara yang punya rakyat sehat.

Sekian dari kami,

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW

Contoh Pidato Singkat Tentang Maulid Nabi Muhammad SAW
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah, Wabarokatuh.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Karunia dan Kasih-Nya kepada kita semua. Sehingga, pada hari ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat dan Salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa umat islam pada jalan yang benar.

Di bulan Rabiul Awal ini, menjadi sejarah bagi umat Islam. Tidak hanay peristiwa tentara gajah, tapi seluruh umat pun diberikan anugerah yang tak terhingga, yaitu kelahiran Rasulullah SAW. Untuk itu, perayaan Maulid Nabi adalah gambaran bagaimana umat islam sangat mencintai dan menyambut hari kelahiran nabi dengan penuh suka cita.

Disebutkan dalam Alqur’an, yaitu pada surat Al Ahzab ayat 6 bahwa Nabi adalah yang lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri. Begitulah wujud cinta para Nabi, terutama Rasulullah, yang bahkan lebih memikirkan umat islam sendiri ketimbang keadaannya.

Itulah mengapa, sudah wajib hukumnya bagi umat islam yang beriman untuk selalu mendahulukan rasa cintanya terhadap Allah dan Rasul, jika dibandingkan dengan urusan duniawi. Salah satu cara untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad adalah dengan tetap menjaga apa yang telah diperjuangkan Nabi. Kita harus menjaga citra Islam dengan sebaik-baiknya, tanpa harus menjatuhkan citra yang lain.

Sekian dari kami, akhir kata Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Sekolah

Contoh Pidato Singkat Tentang Lingkungan Sekolah
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullah Wabarokatuh

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Atas nikmat-Nya hari ini, kita diberi kesempatan untuk berkumpul kembali di sekolah tercinta ini dengan keadaan sehat tanpa kekurangan apapun. Tak lupa, Sholawat juga salam kita haturkan kepada Rasulullah SAW. Beliaulah nabi idola umat islam. Pemimpin terbaik, semoga kita mendapatkan syafaatnya di hari akhir.

Sahabat-sahabat yang saya sayangi.

Perlu kita ketahui bahwa lingkungan adalah rumah kedua. Lingkungan sekolah merupakan salah satu tempat kita untuk belajar, menjalin komunikasi dengan yang lain, dan tentunya untuk menuntut ilmu. Sekolah, jika tampak bersih, maka sudah dijamin proses belajar mengajar akan terasa nyaman.

Untuk itu, marilah kita sama-sama bergotong royong. Gotong royong ini penting sekali untuk terus bersama-sama menjaga kebersihan sekolah. Karena, kebersihan lingkungan sekolah ini tidak hanya menjadi tanggungjawab tukang bersih-bersih. Tidak hanya menjadi tanggungjawab guru piket atau siswa yang sedang piket. Tapi, ini adalah tanggung jawab bersama. Para guru, para staff, para siswa, dan bahkan para wali murid.

Marilah kita mulai dengan kebiasaan yang baik. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret-coret tembok, tidak mengotori meja, dan hal-hal kecil lainnya yang bisa kita lakukan bersama.

Akhir kata,

Wassalamualaikum warohmatullah Wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Hidup Rukun Dan Damai

Contoh Pidato Singkat Tentang Hidup Rukun Dan Damai
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam. Marilah kita panjatkan rasa syukur kita terhadap segala nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sehingga, pada hari yang cerah ini, kita bisa bertatap muka dalam acara ini dengan kondisi sehat, tanpa suatu halangan apapun. Kedua kalinya, sholawat dan salam selalu tercurah kepada Baginda Rasulullah SAW yang telah membimbing kita dengan adanya Iman, Islam, dan Ikhsan.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah

Apa yang bisa kita rasakan ketika kita bisa rukun, hidup tentram berdampingan dengan tetangga atau masyarakat di kampung kita? Tentu perasaan senang, tenang, tidak ada masalah menjadi nikmat yang tak bisa digambarkan. Lalu, bagaimana sebaliknya? Apa yang kita rasakan ketika kita mulai ada konflik dengan mereka? Dengan orang tua? Dengan tetangga? Tentu seperti ada rasa yang mengganjal di hati, berharap hal ini cepat selesai.

Sebagai makhluk sosial, tentu hidup rukun adalah kunci utama hidup yang bahagia. Bagaimana kita bisa saling menyayangi antar sesama, saling menjaga perasaan, saling menghormati, tolong menolong, dan bahkan bila perlu, adalah saling menghindari perdebatan.

Apalagi, di era yang saat ini, sering sekali perselisihan kerap terjadi. Misalnya, karena gengsi, mungkin kita semua melihat bagaimana para selebriti punya kasus dengan selebriti lainnya seperti tidak pernah usai. Hal seperti ini tentu juga pernah terjadi dalam kehidupan kita.

Padahal, hidup rukun dengan keluarga akan menciptakan keluarga yang harmonis. Anak-anak yang lincah, ceria, dan cerdas juga terlahir dari keluarga yang bahagia dan yang saling melengkapi. Kalau kita rukun dengan tetangga, merekalah yang paling dkeat dengan kita. Merekalah yang nanti bersedia mengulurkan tangan ketika suatu hal terjadi dengan kita.

Bahkan, kalau satu desa rukun dengan desa yang lain, maka tidak akan terjadi kerusuhan. Tidak akan pernah terjadi kampung A diserang oleh kampung B. Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa kerukunan akan menciptakan kehidupan yang harmonis, penuh kasih-sayang, tidak terpecah belah. Kehidupan yang rukun tentu menandakan kehidupan yang sehat.

Untuk itu, marilah kita mulai dari lingkungan paling dekat dengan kita untuk menjaga kerukunan. Rukun dengan orang tua, rukun dengan saudara, atau juga rukun dengan suami dan istri. Kita juga bisa belajar memulai dari sekarang untuk menghargai dan toleransi dengan sikap tetangga, sikap masyarakat lainnya, sehingga akan menciptakana suasana yang tenang dan saling menjaga.

Akhir kata,

Wassalamualaikum warohmatullah Wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Yang terhormat seluruh hadirin yang ada di tempat ini.

Pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Atas nikmat dan rahmat-Nya, sehingga kita bisa berkumpul disini dengan kesadaran diri akan pentingnya pedidikan moral. Pada pertemuan kali ini, harapan kita tentu sama yaitu untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan tentang mengapa kita harus menjaga kebersihan lingkungan. Saat ini, Go green atau langkah mencintai bumi menjadi pembicaraan yang paling populer. Hal ini juga menunjukkan kabar yang kurang menyenangkan, yaitu bahwa rasa peduli masyarakat terhadap lingkungan perlu diperbaiki.

Ada banyak tanda kerusakan alam yang bisa kita jumpai sehari-hari. Tidak sedikit kasus masyarakat yang membuang sampah di aliran sungai. Tidak sedikit pula berita yang ditayangkan di televisi bagaimana air laut juga binatang yang berada disana harus terbelit sampah. Padahal, kalau lingkungan kita tercemari, kurang bersih, tentu kita sendiri yang rugi. Untuk itu, marilah kita bersama-sama selalu peduli dengan kebersihan lingkungan. Mulailah dengan kebiasaan kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

Demikian dari kami,

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan Kelas

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan Kelas
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Pada hari yang cerah ini, semua tidak terjadi tanpa kehendak Allah. Untuk itu, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah, Dzat yang Esa yang tidak beranak dan diperanakkan. Semua karena nikmat Allah hari ini, kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat tanpa ada kendala.

Sahabatku yang saya sayangi.

Menjaga kebersihan kelas adalah salah satu contoh bagaimana kita benar-benar menjaga lingkungan. Bagaimana rasaya belajar di kelas yang kotor? Tentu, akan sangat tidak nyaman. Kelas yang bersih juga akan memberikan dampak yang positif.

Untuk teman-teman di kelas, kita bisa melakukan hal sederhana untuk menjaga kelas tetap bersih. Misalnya saja, kita bisa membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, kita juga bisa membantu menjaga kebersihan dengantidak mengotori area sekolah. Menjaga kebersihan sangat penting juga untuk meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan dan sesama.

Kebiasaan untuk peduli dengan lingkungan sekitar, terutama di kelas inilah yang nantinya akan memperbaiki pribadi kita. Bayangkan, kalau kita tidak peduli dengan kondisi di kelas, pasti nantinya juga kita tidak akan peduli dengan lingkungan lain. Misalnya, saat kita nanti sudah bekerja, pasti kita tidak peduli dengan lingkungan di sekitar kantor.

Itulah mengapa sangat penting menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan. Pribadi seseorang sangat bisa dilihat bagaimana perilakunya. Membuang sampah sembarangan dan mengotori kelas tentu mencerminkan sikap yang semena-mena, tidak bertanggung jawab, dan hanya peduli dengan kesenangannya sendiri.

Untuk itu, mari kita menjaga pribadi kita agar menjadi pribadi yang baik. Marilah kita menjaga kelas kita, karena disinilah nanti kita bisa belajar dengan nyaman.

Demikian, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Islami Tentang Bulan Ramadhan

Contoh Pidato Singkat Islami Tentang Bulan Ramadhan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Pada pagi hari ini, marilah kita ucapkan puji syukur Alhamdulillah atas nikmat dan karunia Allah SWT, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi akhir kita, Nabi Muhammad SAW.

Para hadirin yang dimuliakan oleh Allah yang maha Esa,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita merenungkan kembali tentang makna bulan Ramadhan. Sebagai muslim, kita semua sudah tahu sejak kecil bahwa Ramadhan adalah bulan yang suci. Kita semua harus menjalankan rukun puasa, yang merupakan kewajiban bagi seluruh muslim. Kita semua harus berpuasa selama tiga puluh hari. Namun, kewajiban berpuasa ini tidak wajib bagi anak-anak yang belum baliq. Kewajiban puasa juga gugur untuk orang yang gila atau wanita yang sedang haid.

Lantas, mengapa Allah meminta umat islam untuk menahan lapar dan haus selama 30 hari penuh? Apa tujuan dari kewajiban berpuasa ini?

Saudaraku yang dirahmati oleh Allah, SWT

Tak lebih, maksud puasa ini adalah sebagai cara kita berbakti kepada Allah SWT. Puas menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik. Bahkan, Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 183 menyebutkan bahwa orang-orang yang beriman harus berpuasa  seperti orang-orang sebelumnya supaya kita bertaqwa.

Tentu saja, perintah beribadah dalam bentuk puasa ini memberikan hikmah tersendiri bagi para muslim. Apa itu? Hikmah dalam berpuasa adalah bahwa puasa ini punya banyak manfaat. Tidak hanya untuk mendidik kita agar sangat percaya dengan Allah. Tapi, puasa juga sebagai cara mendidik kita supaya lebih sayang, lebih peka terhadap saudara-saurdara kita yang masih belum beruntung, yaitu para fakir miskin. Orang-orang yang menjalankan puasa juga akan memiliki kesehatan yang lebih baik.

Untuk itu, marilah kita sama-sama berlomba untuk meningkatkan ibadah kita selagi berpuasa. Pada saaat puasa, Allah juga lebih mudah mengabulkan doa kita. Tentu puasa menjadi kesempatan yang baik pula untuk memohon ampunan. Semoga kita semua mampu melewati puasa dengan beribadah yang paling optimal. Semoga ibadah kita semua juga dapat diterima oleh Allah SWT.

Demikian, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Moral

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Moral
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Yang terhormat seluruh hadirin yang ada di tempat ini.

Pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Atas nikmat dan rahmat-Nya, sehingga kita bisa berkumpul disini dengan kesadaran diri akan pentingnya pedidikan moral. Pada pertemuan kali ini, harapan kita tentu sama yaitu untuk memiliki kontribusi bagaimana membangun karakter generasi muda.

Belakangan ini, ada banyak kejadian miris yang menjadi tanda bahwa generasi muda ada pada level waspada. Ya, bagaimana tidak? Begitu banyak kasus tawuran antar pelajar, pembunuhan, bullying, perampokan, pencurian, dan masih banyak lagi. Apa yang bisa kita lakukan? Apakah kita hanya bisa diam? Tidak.

Rasa peduli kita inilah yang nanti akan jadi penentu. Maka, kita harus wajib bersyukur karena memiliki rasa masih peduli. Karena, berawal dari rasa peduli tersebut, maka kita dapat berkontribusi untuk menurunkan angka kriminalitas. Apa yang bisa kita lakukan?

Pelajaran moral menjadi salah satu cara untuk terus digalakkan. Membangun budaya islami yang religius adalah titik awal bagaimana menghentikan siklus yang sedang terjadi saat ini. Pendidikan anak sejak dini menjadi awal penting. Tidak hanya bercerita tentang legenda atau kisah inspirasi muslim, sebagai orang tua, kita juga wajib menjadi teladan bagi anak-anak di rumah.

Sekian dari kami, apabila ada kesalahan dalam tutur kata, kami mohon maaf. Wassalamualaikum warahmatulloh wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Sekolah

Contoh Pidato Singkat Tentang Pendidikan Sekolah
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatulloh Wabarokatuh

Alhamdulillah, puja puji syukur senantiasa kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehingga kita bisa bertatap muka dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam juga tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah berjuang hingga kita bisa menikmati bagaimana indahnya islam saat ini.

Hadirin yang saya cintai,

Para pendidik saat ini mendapatkan tugas yang sangat berat, yaitu bagaimana untuk mengatasi masalah moral pada remaja. Pendidikan di sekolah menjadi salah satu harapan mengapa perbaikan moral pada remaja ini harus segera digalakkan. Berbagai program juga turut digalakkan, termasuk pendidikan berkarakter, guna menumbuhkan akhlak yang baik sedini mungkin.

Pukulan terberat bagi para pendidik adalah bagaimana mengatasi 65% remaja yang sudah pernah melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai moral. BNN juga bahkan merilis data yang mencengangkan yaitu sekitar 79% remaja Indonesia di tahun 2015 positif pengguna narkoba.

Inilah kenapa, alasan pendidikan di sekolah harus dibenahi. Pendidikan berkarakter jangan sampai hanya tertulis di berbagai materi pembelajaran, rancangan pembelajaran, atau lainnya. Nilai-nilai nasionalis, budaya-budaya religius, kami rasa menjadi cara lain bagaimana mengurangi adanya kasus yang sama di kemudian hari.

Sekian dari kami, apabila ada kesalahan dalam bertutur atau bertindak, kami mohon maaf.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Contoh Teks Pidato Singkat Cintai Tanah Air

Contoh Teks Pidato Singkat Cintai Tanah Air
Contoh Teks Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat bapak kepala sekolah SMA Taruna Jaya 7 Semarang

Yang terhormat wakil kepala sekolah

Dan yang terhormat, seluruh bapak ibu guru dan jajaran staf di sekolah.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya pada hari ini. Sehingga, kita dapat bertemu dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Tanpa perjuangan Beliau, maka kita tidak akan bisa menikmati hijrah, yaitu Jaman Jahiliyah ke Jaman Islamiyah.

Di pagi hari ini, saya akan menyampaikan pidato tentang mengapa kita harus cinta tanah air Indonesia. Indonesia, diperjuangkan tidak hanya oleh rasa takut, rasa tertindas, keringat para pejuang, tapi juga karena darah para pahlawan. Sampailah kabar gembira, ketika tentara sekutu mengaku mundur dan Indonesia pun merdeka.

Apakah Indonesia sampai saat ini adalah negara yang merdeka? Hadirin, sulit sekali untuk mampu merdeka, mampu berdiri sendiri. Khususnya, untuk generasi muda seperti kita, ternyata lebih senang bergantung dengan negara lain. Kita suka brand asing, produk impor, dan bahkan seluruh budaya asing sangat kita cintai.

Untuk itu, selagi kita bisa, marilah kita sama-sama menjaga budaya kita. Budaya bangsa, produk lokal kita, produk dari para petani atau para pekerja lokal. Bukankah merdeka itu kalau kita mampu membebaskan diri untuk lebih mencintai apa-apa yang dibuat oleh jerih payah saudara kita sendiri?

Sekian pidato dari saya, apabila ada kesalahan kata, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Warohmatullah, Wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Tentang Toleransi Antar Umat Beragama

Contoh Pidato Singkat Tentang Toleransi Antar Umat Beragama
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullah wabarokatuh

Alhamdulilah, rasa syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena, atas limpahan rahmat-Nya kita dapat bertemu di pagi yang cerah ini tanpa halangan apapun. Sholawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita, Rasulullah SAW. Beliaulah, sosok pemimpin yang kami rindukan. Beliaulah, sosok pemimpin yang tidak pernah memikirkan diri sendiri dan begitu menghormati oranglain.

Walaupun Rasulullah SAW adalah manusia yang sempurna, sempurna akhlaqnya, namun Beliau tidak pernah menyombongkan diri, atau bahkan merendahkan kelompok lain. Dari beliaulah, kita belajar bagaimana ia memperlakukan oranglain dengan sangat baik, bahkan mereka yang non-muslim. Ya, paman Nabi sendiri adalah seorang non-muslim yang Beliau rangkul karena tidak pernah menjadi musuh umat Islam.

Beginilah sikap Nabi yang menunjukkan bahwa hakikat manusia adalah makhluk sosial. Pergerakan Beliau juga tidak lepas dari bantuan para sahabat. Hablumminallah tidak hanya menjadi anjuran bagi umat islam saja, tetapi mereka juga harus pintar-pintar dalam melaksanakan hablumminannaas, yaitu hubungan yang baik dengan manusia.

Untuk itu, marilah kita mulai menjalin hubungan yang baik, hidup rukun juga damai, dimulai dari di lingkungan rumah sendiri, dengan orang tua, tetangga, dan juga kerabat. Dengan menjadi pribadi yang lebih mudah bersosial juga sangat senang membantu orang lain, maka disitulah kita bisa menunjukkan citra islam yang sebenarnya.

Sekian dari kami,

Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

Contoh Pidato Singkat Jangan Buang Sampah Sembarangan

Contoh Pidato Singkat Jangan Buang Sampah Sembarangan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Yang terhormat bapak kepala sekolah SMA Bina Jaya 7 Magelang

Yang terhormat wakil kepala sekolah

Dan yang terhormat, seluruh bapak ibu guru dan jajaran staf di sekolah.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya pada hari ini. Sehingga, kita dapat bertemu dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Tanpa perjuangan Beliau, maka kita tidak akan bisa menikmati hijrah, yaitu Jaman Jahiliyah ke Jaman Islamiyah. Dalam kegiatan kali ini, saya ingin menyampaikan hal yang penting yaitu mengapa kita harus belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Sampah menjadi masalah yang serius. Bahkan, bumi, yang disebut sebagai planet biru, sangat mungkin untuk tidak menjadi biru lagi karena timbunan sampah yang tidak diatasi dengan baik. Permintaan barang begitu tinggi. Banyak produk kemasan berbahan plastik, yang terus meningkat.

Salah satu upaya yang penting dan harus kita lakukan adalah bagaimana kita harus peduli menjaga kebersihan. Marilah kita sama-sama saling menyadari, bahwa tanpa sampah lingkungan jadi indah. Mari kita mulai, bersama-sama tahu dimana harus buang sampah. Kita juga harus tahu bagaimana membuang sampah yang baik yaitu dipisahkan mana yang bisa melebur dengan tanah dan tidak.

Demikian, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Kemerdekaan

Contoh Pidato Singkat Tentang Kemerdekaan
Contoh Pidato Singkat

Kepada yang terhormat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bapak ibu guru, dan seluruh staff SD Negeri 01 Jakarta yang saya hormati.

Pada kesempatan kali ini, marilah kita ucapkan rasa syukur kepada Allah yang Maha Esa. Karena karunia yang telah diberikan, kita dapat berkumpul dalam acara hari ini, tanpa suatu halangan apapun. Di pagi hari yang cerah ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang semoga bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua.

Hadirin yang saya sayangi,

Perjuangan para pahlawan akhirnya berbuah manis. Setelah melakukan perjuangan dan perlawanan yang sangat gigih, pada akhirnya berdirilah negara Indonesia yang merdeka. Perkembangan yang terjadi terasa begitu cepat, dengan berbagai konflik yang pernah kita hadapi dengan negeri lain guna mempertahankan kehormatan dalam berbangsa dan benegara.

Marilah kita jadikan hari ini untuk merenungi bagaimana perjuangan para pahlawan. Apakah merdeka dengan kondisi seperti ini sudah sesuai dengan cita-cita para pejuang yang meregang nyawa? Apakah kita sudah melakukan sesuatu sebagai ucapan terimakasih atas perjuangan yang sudah mereka lalui sampai habis usia mereka?

Saudaraku,

Terkadang, kita terlalu bahagia dengan hari kemerdekaan ini. Kita melakukan berbagai lomba, kita membuat panggung besar-besaran untuk acara musik, dan lainnya sekedar untuk hiburan. Seolah-olah kita patut menerima semua hiburan tersebut karena perjuangan kita. Kita patut merayakannya, padahal kita tidak pernah ikut berjuang. Bukankah demikian?

Apakah perayaan kemerdekaan yang seperti ini juga menjadi harapan para pahlawan yang sudah gugur? Tentu tidak, teman-teman. Kalau saja para pahlawan tersebut masih ada, merekalah yang akan berteriak lantang. Merekalah yang akan berteriak, agar kita tidak pernah lengah. Perjuangan kita ini belum berakhir.

Terlebih, bagaimana kondisi negara kita saat ini? Bukankah kita sedang terjajah secara tidak langsung? Lihat China, seluruh produknya membanjiri negara kita. Mana produk kita? Belum terlihat. Lihat bagaimana kita lebih mencintai produk asing, lantas bagaimana dengan produk lokal di rumah kita? Hanya satu dua. Lihat bagaimana negara-negara di luar sibuk berlomba, bersaing menemukan ini dan itu untuk kemajuan negara mereka, bagaimana dengan kita?

Untuk itulah, dengan kerendahan hati, marilah kita renungkan kembali dengan apa kita bisa membayar jasa para pahlawan ini. Apakah kita ini tidak sedang mendholimi kebaikan mereka? Marilah kita jadikan momen ini sebagai momen yang paling tepat untuk terus berkontribusi dari hal yang paling kecil. Supaya negara kita tetap menjadi negara yang kuat. Tak lupa juga, marilah kita doakan para pemimpin kita semoga selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan pemerintahan.

Akhir kata,

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Pahlawan

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Pahlawan
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Hadirin yang sangat berbahagia,

Di tanggal 10 November ini, mari kita renungkan kembali atas apa-apa yang telah kita lakukan. Pantaskah kita semua mendapatkan kenikmatan ini? Pantaskah kita semua mendapatkan kesenangan? Ya, kita harus ingat bahwa pada tanggal ini adalah untuk memperingati Hari Pahlawan.

Para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Mereka telah menyingsikan lengan baju. Bertakbir, meninggalkan kesenangan masing-masing untuk mengusir para penjajah dari bumi Surabaya. Semboyan “Merdeka atau Mati”, sungguh menggambarkan betapa gigihnya mereka, tanpa gentar melakukan perlawanan terhadap para penjajah di Indonesia.

Lalu, bagaimana dengan nasib mereka? Tentu tidak semuanya bisa bertahan dan menikmati bagaimana Indonesia yang sudah merdeka seperti saat ini. Kita bisa membeli apapun yang kita inginkan. Berbeda dengan para pahlawan yang mengesampingkan urusan kesenangannya saat itu.

Untuk itu, marilah kita jaga Indonesia sebagai sebaik-baik peninggalan para pahlawan. Marilah, kita mulai untuk meningkatkan rasa peduli kita terhadap nasib berbangsa dan bernegara. Semoga kita selalu mejadi pribadi yang baik. Kita mampu membangun pribadi yang sehat secara jasmani dan rohani.

Sebagai generasi yang ada saat ini, tentu apa yang bisa kita lakukan adalah melakukan berbagai hal yang bermanfaat untuk masyarakat. Marilah kita mulai dari lingkungan kita sendiri. Seperti misalnya, menjadi warga negara yang taat dalam peraturan negara, juga menjadi warga negara yang mampu menjaga toleransi dengan tetangga atau masyarakat di wilayah lainnya.

Hadirin yang saya hormati,

Itulah yang menjadi hal-hal yang ingin kami sampaikan. Mudah-mudahan rakyat Indonesia, khususnya kita, juga para jajaran staff pemerintah, semoga Allah mudahkan perjuangan kita semua dalam menjaga negeri yang mulia ini. Marilah kita sama-sama mendoakan pemimpin kita agar selalu mendapatkan petunjuk dari Allah dalam memimpin kita semua.

Demikian apa yang bisa kami sampaikan, akhir kata…

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Sumpah Pemuda

Contoh Pidato Singkat Tentang Sumpah Pemuda
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya pada hari ini. Sehingga, kita dapat bertemu dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Tanpa perjuangan Beliau, maka kita tidak akan bisa menikmati hijrah, yaitu Jaman Jahiliyah ke Jaman Islamiyah.

Sahabat-sahabat yang kami sayangi. Pada hari yang bersejarah ini, udara segar, bumi yang damai, tentu semuanya tidak lepas dari perjuangan para pemuda Indonesia. Untuk itu, sudah sepatutnya bagi kita semua untuk menjadikan hari Sumpah Pemuda sebagai hari yang penting untuk direnungkan bersama-sama.

Jika kita berkenan, marilah kita menilik kebelakang. Proses panjang para pahlawan tentu tidak bisa dibalas dengan apapun. Perjuangan para pahlawan tidak ada habisnya, bahkan sampai titik darah penghabisan. Mereka, saat itu, hanya punya satu mimpi. Membebaskan Indonesia yang kaya dan makmur ini dari tangan-tangan penguasa. Dari tangan-tangan para penjajah.

Pernahkah kita sejenak membayangkan bagaimana mungkin kita malah tidak memikirkan diri sendiri, hanya demi mengutamakan negara? Itulah yang telah dilakukan oleh para pahlawan. Tidak sediki dari para pahlawan ini yang bahkan bisa memanen apa yang sudah mereka perjuangkan. Layakkah kita menikmatinya?

Untuk itu, tidak ada balasan yang tepat kecuali untuk terus melanjutkan semangat juang para pahlawan. Semangat bahwa tidak ada mimpi yang mustahil. Mengutamakan kebutuhan negara adalah hal yang paling penting. Bagi kita, ada banyak hal yang bisa kita lakukan, yaitu dengan menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Dengan generasi yang lebih baik, pribadi yang santun namun punya semangat juang, tentu cukup membuat negara jadi lebih kaya.

Demikian dari kami, atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Contoh Pidato Singkat Tentang Berbakti Kepada Orang Tua
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Puji syukur kepada Allah Yang Maha Esa yang telah memberikan nikmat yang tidak bisa kita hitung, teruatama adalah nikmat Iman, Islam dan Ihsan. Semoga kita semua berkumpul di tempat ini dan semoga dari sinilah kita mendapatkan kemuliaan dari Allah SWT. Sholawat dan salam juga tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah diutus sebagai pembawa risalah, rahmatan lil alamin.

Hadirin yang terhormat,

Islam mengajarkan banyak kebaikan dan keindahan yang mungkin baru kita rasakan ketika sudah tenggelam didalamnya. Islam menjadi agama yang sangat indah dipelajari, terbukti begitu banyaknya mualaf yang memeluk Islam di negeri-negeri lainnya. Salah satu anjuran bagi umat muslim yang sangat indah yaitu adalah pentingnya berbakti kepada kedua orang tua.

Berbakti kepada kedua orang tua adalah kewajiban bagi seorang muslim. Dengan kewajiban inilah, kita bisa memberikan balasan terbaik terhadap orang tua yang telah mengasuk juga mendidik kita. Hal ini sudah disebutkan dalam Firman Allah, yaitu dalam surat Al Isra ayat 23. Dalam firman tersebut, Allah memerintahkan seluruh umat muslim untuk berbuat baik kepada ibu dan bapak. Janganlah pernah mengatakan “ah”, atau membentak.

Kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk menjadi anak yang berbakti yaitu dengan mengucapkan kata yang mulia kepada kedua orang tua. Begitulah indahnya Islam yang bahkan mengatur hubungan keluarga dari yang paling sederhana, yaitu untuk tidak membentak orang tua.

Peran orang tua begitu besar dalam kehidupan kita. Ibu, adalah wanita yang kita kenal gigih, sabarnya tidak pernah ada batasnya. Beliau menjadi sebaik-baik manusia karena telah mengandung, merawat dan membesarkan kita dengan sepenuh hati. Ibu berjuang menantikan kelahiran kita semua dari awal sampai bisa sebesar ini. Sedangkan ayah, kita tidak lepas dari perhatian ayah. Kadang jarang lihat ayah di rumah karena sibuk bekerja. Setiap tetes keringat hanya untuk memastikan bahwa dapur tetap mengepul.

Untuk itu, marilah kita paling tidak melakukan hal yang sederhana untuk menyenangkan hati para orang tua. Marilah kita beri perhatian pula para orang tua di rumah. Seperti misalnya, kita bisa membantu menyelesaikan pekerjaan ibu di rumah, mengajak ibu atau ayah ngobrol bersama daripada main terus, atau membantu ayah jika sedang mengerjakan sesuatu di rumah. Apapun itu. Kita bisa melakukan dari hal-hal sederhana, termasuk tidak membantah.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Saling Menghargai

Contoh Pidato Singkat Tentang Saling Menghargai
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan rahmat, taufik, serta Hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga, pada pagi hari ini, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat tanpa suatu halangan apapun, tanpa kekurangan apapun.

Sholawat salam tercurah kepada nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah membimbing kita, dari jaman kegelapan menuju jaman yang terang benderang seperti ini, dengan adanya iman, islam, dan ihsan. Semoga kita juga mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti, Aamiin.

Saudaraku yang saya hormati,

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tidak bisa dipisahkan dari hal-hal yang memicu konflik. Perbedaan pendapat di manapun kita berada mungkin selalu terjadi. Di rumah, di kantor, dengan tetangga sebelah, atau apapun itu. Perbedaan pendapat selalu muncul kapan saja. Bahkan, hal sepele bisa jadi masalah yang serius. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Tak lain adalah karena kita masih tergolong sebagai orang yang ingin mementingkan kepentingan sendiri. Egois. Tidak bisa menghargai oranglain.

Memiliki perbedaan pendapat tentu adalah hal yang lumrah. Bagi pasangan suami istri pun hal ini bisa terjadi. Untuk itu, ketika terjadi perbedaan pendapat, maka hal yang paling layak dilakukan adalah mengesampingkan rasa marah. Bahkan Rasulullah SAW menyebutkan bahwa barangsiapa yang bisa menahan rasa marahnya, tidak marah-marah, maka ia akan masuk surga.

Berbagai konflik yang muncul juga tidak selalu sama. Kadang nanti akan hilang sendiri, kadang nanti juga akan muncul kembali, atau terus terjadi sampai bikin pusing sendiri.

Inilah mengapa, memiliki konflik dengan orang lain tidak akan bisa membuat hidup kita jadi tenang. Sampai-sampai Rasulullah juga menegaskan, tinggalkanlah perdebatan. Siapa saja yang bisa meninggalkan perdebatan, maka sudah termasuk perbuatan yang mulia.

Untuk itu, marilah kita belajar lebih banyak bagaimana cara menghargai oranglain. Jika kita salah, maka sudah sepatutnya untuk meminta maaf. Jika sudah ditolong oleh teman atau orang yang kita anggap lawan, maka tetap saja kita harus mengucapkan terimakasih. Kita tidak tahu kapan semuanya akan membaik.

Itulah yang dilakukan Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah merasa harga dirinya terkoyak ketika orang-orang menyebutnya sebagai rasul yang tidak waras. Banyak orang yang mencemooh dirinya, namun Rasulullah tetap menjadi pribadi yang baik, yang santun, dan dapat menghargai pendapat orang lain. Tidak peduli bahwa Rasul akan mendapatkan petunjuk dari Allah, Rasulullah sangat menghargai bagaimana para sahabatnya berpendapat. Semua itu karena Rasulullah memiliki akhlak yang sempurna.

Marilah kita berusaha untuk menjadi pribadi yang baik terlebih dahulu. Marilah kita ubah gaya pandang kita agar tidak kaku, bisa menerima berbagai perbedaan yang nantinya juga akan memberikan ketenangan dalam diri kita ini.

Demikian dari kami, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Korupsi

Contoh Pidato Singkat Tentang Korupsi
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, puji syukur senantiasa kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat yang tidak terbatas, nikmat jasmani dan rohani hingga pada siang hari ini, kita bisa berkumpul dalam kegiatan ini tanpa adanya kekurangan suatu apapun. Sholawat salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah SAW, pemimpin yang menjadi tauladan kami. Tidak ada yang pantas untuk diharapkan kecuali untuk mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti.

Hadirin yang saya hormati,

Dalam kesempatan kali ini, marilah kita gunakan sebaik mungkin untuk kembali merenungkan tentang apa itu makna kejujuran. Perlu kita renungkan juga bahwa ternyata kehidupan sehari-hari kita, bahkan dari urusan yang sepele ini bisa berujung dengan hal-hal yang sudah bersifat korupsi. Ya, bibit-bibit korupsi itu terasa sulit untuk difilter karena memang menjadi hal yang sudah biasa.

Seperti apa itu korupsi?

Saudaraku yang saya cintai,

Korupsi adalah perilaku yang menyimpang. Ketika kita diberikan tugas atau jabatan yang tujuannya adalah untuk bersama-sama, tapi berujung pada hal-hal yang malah justru menguntungkan diri sendiri, membuat kita memiliki harta lebih, dan bahkan sampai membuat kita jadi lebih kaya.

Mungkin, di daerah-daerah lain itu adalah hal lumrah ketika warga meminta tolong Kadus atau perangkat desa untuk membuatkan akta kelahiran, KTP, atau lainnya. Lalu, kita menitipkan uang sebagai hadiah untuk memperlancar urusan. Tentu, ini adalah salah satu bibit korupsi, yaitu kasus suap. Padahal, sudah menjadi hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan seperti itu, dan kita malah mengambil keuntungan pribadi dari jabatan yang sudah dipercayakan kepada kita.

Kegiatan yang kecil seperti ini, terjadi dimana-mana. Pembengkakan anggaran belanja yang ternyata di laporan pertanggungjawaban tidak sesuai dengan kondisi riilnya juga sangat sering terjadi. Bahkan, hampir setiap hari berita di televisi menayangkan kasus korupsi yang menjerat para pejabat yang seharusnya membuat urusan negara jadi lebih lancar, tapi malah buntu karena anggaran yang malah masuk ke dompet mereka masing-masing.

Inilah alasannya mengapa banyak koruptor yang makin betah di Indonesia. Mereka tidak lain adalah biang kerok yang membuat negara jadi miskin. Selain itu, para koruptor dan tindakannya juga mencerminkan bahwa perilaku moral bangsa ini masih jauh dari kata baik. Korupsi adalah perilaku yang kotor karena para pelakunya adalah manusia serakah yang sering menimbun dan mengumpulkan kekayaan pribadi dari keringat rakyat.

Untuk itu, marilah kita selalu menjaga diri kita untuk stop korupsi di lingkungan kerja, di lingkungan keluarga, atau lainnya. Bahkan, kita juga tidak boleh berdiam diri ketika melihat kasus korupsi terjadi di depan kita.

Demikian dari saya, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Organisasi

Contoh Pidato Singkat Tentang Organisasi
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Hadirin yang saya hormati,

Indonesia sebagai negara demokrasi telah memberikan contoh bagaimana warganya dapat menyuarakan berbagai aspirasi yang positif untuk membantu percepatan kesejahteraan dan pembangunan di Indonesia. Organisasi ini tentu dibangun dengan maksud dan tujuan yang baik. Namun, sangat penting sekali bagi organisasi kita ini untuk kembali melihat apa sih fungsi dan tujuan organisasi ini.

Tujuan organisasi ini tidak lain adalah untuk memberdayakan kita sendiri sebagai anggotanya. Dari sinilah kita bisa memberikan pelayanan yang sangat baik untuk masyarakat. Bahkan, kita juga perlu menggunakan organisasi ini sebagai wadah untuk menjaga agama dan kepercayaan terhadap Allah yang maha Esa. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil tentunya, seperti membangun talisilaturrahim, solidaritas, gotong-royong, juga sikap saling menghormati.

Untuk itu, marilah kita membangun organisasi ini, tidak lain untuk mencari berkah dan ibadah yang sebaik-baiknya di hadapan Allah. Marilah kita jaga organisasi ini agar kita bisa mempertanggungjawabkan apa-apa yang kita perbuat nanti dengan mudah. Semoga dalam kegiatan ini, kita bisa terus menjaga solidaritas, mencapai tujuan dan misi yang sesuai dengan harapan.

Demikian dari kami, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Generasi Muda

Contoh Pidato Singkat Tentang Generasi Muda
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, marilah kita haturkan rasa syukur kita terhadap yang Maha Esa, Allah SWT. Apa yang kita rencanakan hari ini tidak lepas dari nikmat dan karunia yang telah Allah berikan. Sehingga, kita semua bisa berkumpul tanpa kekurangan apapun. Insya Allah, semoga kegiatan ini diberi kelancaran, tanpa halangan.

Sholawat juga salam tetap tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Rasulullah adalah suri tauladan, manusia yang berakhlaq sempurna. Karena perjuangan Rasul, maka kita bisa menikmati indahnya islam sampai hari ini. Semoga kita tergolong sebagai umat yang akan mendapatkan syafaatnya nanti, Aamiin.

Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan sedikit hal yang patut untuk direnungkan. Terutama, karena kita memang adalah generasi muda. Alhamdulillah, semoga Allah memberikan kekuatan dan kesehatan bagi kita semua.

Sebagai generasi muda, tentu kita menjadi tombaknya negara. Generasi yang sehat, brilian, cerdas, mampu bersaing, berakhlaq baik tentu menjadi salah satu ciri bahwa kita adalah generasi unggulan. Apalagi saat ini, di era 4.0 ini, kita sudah bisa menikmati berbagai teknologi yang tersedia.

Hari ini, kita dan para remaja lainnya tidak akan perlu ke warnet lagi untuk menikmati koneksi internet. Hari ini, bahkan anak-anak saja mainannya sudah ponsel Android. Kita berada pada era digital. Era yang sangat penting dan padahal sangat bermanfaat untuk memulai langkah positif demi kemajuan negara dan bangsa.

Mungkin kita sering berkata didalam hati bahwa sudah ada para pejabat yang siap memikul seluruh beban dan bertanggungjawab terhadap apapun yang terjadi di negara ini. Kita hanya perlu belajar. Memang, hal tersebut bukanlah pernyataan yang salah. Tapi, generasi yang luar biasa, yang unggul, tentu sudah memikirkan apa yang bisa saya lakukan untuk membuat diri saya ini berguna, bermanfaat, berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

Faktanya, karena teknologi, tidak sedikit dari kita yang malah asik main game. Main game itu tidak masalah, yang jadi masalah adalah ketika kita mulai tidak bisa mengontrol waktu. Kita membuang-buang waktu, melakukan hal yang seharusnya sudah selesai jadi malah tidak terselesaikan dengan baik. Bung Karno pernah berteriak lantang bahwa para pemuda inilah yang jadi harapan, tombaknya perubahan, tombaknya kemajuan bangsa.

Untuk itu, marilah kita gunakan apa yang sudah bisa kita miliki saat ini sebagai cara yang akan mmepermudah semangat perjuangan kita ini. Kita memang sudah merdeka, tapi bukan berarti kita benar-benar merdeka seutuhnya. Masih banyak perkara yang nanti harus kita selesaikan. Salah satu yang paling tepat untuk mempersiapkan itu semua adalah yaitu dengan menjadikan diri kita sebagai pribadi yang bisa jadi panutan bagi lingkungan sekitar.

Demikian dari saya, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Globalisasi

Contoh Pidato Singkat Tentang Globalisasi
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillahi Robbil Alamin, puji syukur kepada Allah, Tuhan semesta Alam. Atas nikmat dan karuniaNya hari ini, maka kita bisa diberikan kesehatan untuk berkumpul di tempat yang mulia ini. Sholawat juga salam tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi besar Nabi Muhammad SAW. Karena perjuangan Rasul inilah kita bisa menikmati perubahan jaman. Dari jaman Jahiliyah menuju jaman Islamiyah dengan adanya iman, islam,dan ihsan.

Hadirin yang saya hormati,

Kemudahan mendapatkan bebagai informasi saat ini begitu terasa. Kita bisa menggunakan media apapun di sekitar kita untuk mencari informasi yang kita butuhkan. Ada internet, ada akun sosial, ada televisi, dan ponsel Android dan barang yang serba canggih lainnya. Bahkan, perang harga kuota internet dengan harga miring juga menjadi salah satu penyebab mengapa anak-anak jaman sekarang bisa online. Kemudahan-kemudahan inilah yang saat ini bisa kita nikmati karena kita sudah masuk di era digital. Semuanya serba digital.

Jaman yang modern ini tentu tidak bisa dipisahkan begitu saja dengan kata globalisasi. Apa itu globalisasi? Globalisasi adalah hal yang menyeluruh. Globalisasi ini penting bagi perkembangan dan kemajuan negara. Misalnya, infrastruktur kita harus tidak boleh kalah dengan negara tetangga. Teknologi yang digunakan dalam pembangunan saat ini harus diterapkan untuk meminimalkan anggaran yang diperlukan. Itulah salah satu manfaat Globalisasi.

Contoh manfaat Globalisasi adalah kemudahan dalam mencari pekerjaan. Sebuah negara tidak akan sungkan untuk menyatakan kebutuhan pekerja, membuka lowongan besar-besaran bahkan untuk tenaga asing, sehingga kita juga bisa berpeluang menjadi salah satu karyawan yang bisa bekerja dan memperbaiki ekonomi. Ini juga contoh globalisasi. Seluruh informasi tentang jenjang karir, pendidikan begitu mudahnya dapat dicari tahu informasinya saatini.

Lantas bagaimana dengan dampaknya?

Tentu saja, semua hal yang berbau teknologi dan Globalisasi pasti ada dampaknya. Misalnya, kemudahan menggunakan internet mulai menjadi budaya di Indonesia. Indonesia menjadi salah satu pasar besar bagi negara-negara lain untuk menjual produk-produk elektronik mereka. Bayangkan, dalam satu rumah saja, bisa dipastikan seluruh anggotanya sudah pegang ponsel, termasuk anak SD. Mereka bermain ponsel Android, pakai kuota, pakai WhatsApp atau aplikasi sosial lainnya. Bisakah kita mengkontrol mereka sebagai orang tua?

Terkadang, globalisasi membuat hal-hal yang sebenarnya tidak perlu jadi masuk begitu saja dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak mengakses situs-situs yang tidak sesuai, juga sering terjadi. Walaupun pemerintah sudah berusaha untuk memblokir konten-konten yang tidak sesuai, terkadang ketika anak melihat video di YouTube, misalnya, muncul iklan yang tidak sesuai dengan usia mereka. Apa yang bisa kita lakukan jika sudah begitu?

Maka dari itu, era Globalisasi ini marilah kita sambut, sekaligus kita harus meningkatkan rasa waspada. Banyak tantangan yang harus kita hadapi, sehingga kita patut menyalakan filter dalam pemikiran kita bahwa anak-anak tidak seharusnya terpapar budaya, pemikiran, atau apapun yang tidak sesuai dengan usia mereka. Sebaliknya, kita perlu mendukung inisiatif mereka yang melakukan hal baik dari kemajuan teknologi ini.

Sekian dari saya, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Guru

Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Guru
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Karunia dan Kasih-Nya kepada kita semua. Sehingga, pada hari ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat dan Salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa umat islam pada jalan yang benar.

Hadirin yang saya sayangi. Di tanggal 25 November ini menjadi hari yang sangat penting dan patut untuk kita renungkan. Pada tanggal ini, adalah hari guru. Mudah-mudahan, melalui kegiatan berkumpul di hari ini, ada banyak hal positif yang nanti akan membuat teman-teman guru terus semangat berjuang meraih ridho ilahi.

Memang, sebagai tenaga pendidik, tentu tidak akan mudah menghadapi seluruh tantangan dalam proses belajar mengajar. Para guru dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas. Sedangkan di beberapa daerah yang terpencil di Indonesia, guru mungkin harus berjuang lebih sulit lagi.

Seperti yang kita ketahui saat ini, memang benar jika dibilang bahwa Guru adalah panggilan jiwa. Kita tidak dibayar mahal untuk mendidik. Gaji kita mungkin tidak akan lebih besar dibandingkan anak-anak didik kita nanti yang sukses. Tanpa ada teman-teman, tidak mungkin ada generasi muda yang berprofesi sebagai dokter, pengacara, polisi, dan lainnya. Namun, percayalah, apapun yang kita lakukan, selagi kita niatkan untuk ibadah, untuk melakukan amal baik, maka urusan hitung-hitungannya sudah sama Allah.

Untuk itu, marilah kita berjuang bersama-sama. Semua demi mendidik generasi Indonesia menjadi generasi yang berakhlaq, beradab, bermoralkan pancasila, dan tentunya bermanfaat untuk negara. Semua tidak akan sia-sia jika kita terus berjuang dengan ikhlas, tanpa pamrih.

Akhir kata,

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Teks Pidato Hari Guru Dari Siswa Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Karunia dan Kasih-Nya kepada kita semua. Sehingga, pada hari ini kita bisa bertemu dalam keadaan sehat wal afiat tanpa kekurangan suatu apapun. Sholawat dan Salam senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW yang telah membawa umat islam pada jalan yang benar.

Teman-teman seperjuangan yang saya sayangi.

Di tanggal 25 November ini, adalah hari yang penting bagi seluruh guru di sekolah kita. Tentu saja, ini juga menjadi bahan perenungan terutama untuk saya pribadi, dan teman-teman. Mudah-mudahan melalui hari ini, kita bisa menjadi siswa yang lebih berbakti, lebih menjaga adab dan lainnya.

Sebagai guru, tentu bukan profesi yang mudah. Guru dituntut menjadi contoh yang baik untuk kita semua. Disisi lain, guru juga harus berjuang keras bagaimana supaya kita semua dapat berkembang menjadi pribadi sesuai harapan. Guru dibayar dengan gaji yang sedikit. Tidak seimbang dengan apa tugas mereka.

Tanpa guru, maka kita tidak akan bisa menjadi apa yang kita cita-citakan. Tanpa guru, maka tidak ada yang bisa menjadi dokter, pejabat, bahkan sekelas presiden pun dilahirkan karena jasa guru.

Untuk itu, marilah kita hormati guru. Marilah kita jaga perasaannya. Marilah kita doakan agar pekerjaan yang mulia ini senantiasa membawa guru-guru kita mendapatkan tempat terbaik nanti di hadapan Allah, Aamin.

Akhir kata,
Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Tentang Isra Mi’raj

Contoh Pidato Singkat Tentang Isra Mi’raj
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Yang saya hormati, bapak kepala sekolah, ……

Yag saya hormati, bapak dan ibu guru

Dan yang saya banggakan, teman-temanku seperjuangan

Pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan puja puji syukur kehadirat Allah yang Maha Memelihara. Karena Rahmat dan HidayahNya pada kita semua, kita masih diberi kesempatan untuk bisa berkumpul di ruangan ini dalam rangka untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di sekolah. Semuanya sehat, Alhamdulillah, tanpa suatu halangan apapun.

Kedua kalinya, sholawat serta salam, tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Beliaulah teladan umat islam yang selalu kita nantikan syafaatnya di hari kelak, Amin.

Hadirin yang saya sayangi,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita sejenak merenungi makna Isra’ Mi’raj. Tentu kita sudah tahu beberapa hal tentang Isra’ Mi’raj. Kejadian ini menjadi salah satu kejadian yang sangat besar yang pernah dialami Rasul semasa hidupnya. Rasulullah melakukan perjalanan suci ini, yaitu dari Masjidil Kharom ke Masjidil Aqso yang ada di Palestina. Lalu, perjalanan Rasul berlanjut sampai ke langit. Saat itu, Malaikat Jibril yang membawanya.

Keduanya menaiki Burok, kendaraan milik Jibril. Perjalanan yang dialami Rasul inilah yang kalau kita nalar, tentu tidak akan masuk akal. Namun, inilah yang menjadi bagian keimanan kita. Apa yang dialami oleh Rasul juga kita harus percaya, mengapa? Sebab ada Allah yang Maha Esa. Allah mampu melakukan apapun sesuai dengan kehendaknya. Maka apa yang terdengar mustahil bisa terjadi. Dengan mengetahui perjalanan Rasul inilah, maka kita bisa lebih cinta terhadap Allah dan Nabi.

Dari perjalanan inilah, muncul berbagai pelajaran yang bisa kita pelajari sebagai umat muslim. Perjalanan ini menjadi perjalanan utama Nabi untuk melakukan sholat. Sholat pada saat itu, telah dibebankan cukup besar, sampai Nabi harus bolak-balik menyampaikan pada Allah bahwa umatnya tidak akan kuat dengan perintah sholat yang begitu banyak. Hingga sampailah pada anjuran untuk melakukan sholat lima waktu.

Dari sinilah, muncul anjuran untuk sholat lima waktu. Itulah bukti kecintaan Nabi, yang apapun selalu Beliau pikirkan jika berkaitan dengan umatnya. Rasulullah selalu ingin memudahkan Umatnya, bahkan beliau juga memikirkan umatnya ketika hendak tutup usia.

Untuk itu, marilah kita lkukan sebaik mungkin, menjaga perintah Sholat ini. Walaupun terkadang masih banyak hal yang harus kita perbaiki. Marilah, mulai dari hari ini, untuk tidak pernah menunda sholat. Ketika adzan, langsung semangat mengambil air wudhu. Kita berdoa agar diberi ampunan oleh Allah SWT. Kita juga harus berdoa agar diberikan kehidupan yang baik, dunia dan akhirat.

Semoga dari peristiwa ini, kita bisa memetik banyak pelajaran. Rasulullah yang begitu cinta dengan kita, maka kita juga harus bisa mencintai Rasul. Barangsiapa yang mencintai Rasul, tentu akan menjadi manusia yang paling bahagia karena bisa mendapatkan syafaatnya di hari akhir. Bahkan, bisa juga bertemu dengan Nabi di surga nanti, Aamiin.

Demikian yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Contoh Pidato Singkat Hari Ibu

Contoh Pidato Singkat Hari Ibu
Contoh Pidato Singkat

Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh

Kepada yang terhormat kepala sekolah, wakil kepala sekolah, bapak ibu guru, dan seluruh staff SMP Negeri 01 Malang yang saya hormati

Alhamdulillahi Robbil Alamin, segala puji bagi Allah. Karena Rahmat-NYA, kita bisa berkumpul di tempat ini tanpa ada halangan. Sholawat serta Salam selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafaatnya nanti.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan satu dua patah kata. Tentu kita semua hari ini bisa berkumpul disini tidak lepas dari bantuan ibu di rumah. Ibulah yang mungki menyetrikakan baju teman-teman. Mungkin juga ada yang sudah kena omel ibu pagi hari ini karena susah dibangunkan, betul tidak teman-teman?

Teman-teman yang saya sayangi,

Ada banyak hal yang seharusnya membuat kita lebih menerima baik buruknya ibu. Dalam islam, ada banyak pepatah yang erat kaitannya dengan ibu. Bahkan, ibu menjadi prioritas utama, menurut Rasulullah SAW. Di zaman Rasul, ketika sahabat datang dan menemui Nabi, lantas bertanya, ya Rasul, siapakah yang harus saya hormati selagi saya hidup? Maka apa jawab Rasul? Rasulullah menjawab, Ibumu. Ketika temannya bertanya siapa lagi? Apa jawab Rasul?

Rasul kembali menjawab, Ibumu. Ibumu. Jawaban ini diulang sampai tiga kali. Barulah ketika sahabat tersebut bertanya lagi, maka Rasul pun menjawab Ayahmu. Lihatlah teman-teman, bagaimana Rasulullah sangat menegaskan untuk semua muslim, agar menyayangi Ibunya, menghormati Ibunya.

Islam mengajarkan untuk menghormati ibu, sampai muncullah perumpamaan bahwa surga itu dibawah telapak kaki ibu. Doa ibu sampai ke langit. Restu Ibu itu ridhonya Allah. Lihatlah, keistimewaan ibu di hadapan Allah itu tidak ada tandingannya.

Mengapa ibu begitu istimewa di hadapan Allah?

Ibu tidak hanya hamil sembilan bulan. Disaat sedang susah dan senang, ibu adalah tempat paling nyaman bagi anak-anaknya. Ibulah orang yang paling ikhlas, yang kalau dibayar, Masya Allah, nggak bakalan terhitung gajinya. Tapi ibu melakukan semuanya dengan penuh cinta. Bahkan, ibu selalu memberikan maafnya yang tak terbatas untuk anak-anaknya yang telah menyakiti hatinya. Ibu adalah manusia yang paling pintar memaklumi anak-anaknya.

Jadi, bukan sikap yang berlebihan ketika Rasulullah berkata bahwa jika bersujud itu boleh selain kepada Allah SWT, maka hanya ibulah yang patut untuk mendapatkan kehormatan ini.

Tanpa mengabaikan peran ayah, ibu adalah yang berjasa karena doa dan kesabarannya dalam merawat kita. Marilah kita sama-sama melakukan apapun yang terbaik selagi kita bisa membanggakan ibu. Marilah kita jaga hatinya, jangan sampai mengatakan hal-hal yang melukai hatinya. Sebab, ridho Allah itu terletak pada ridho ibu. Anak-anak yang ingin hidupnya mudah dan bahagia, maka sebaiknya sayangilah ibu dengan setulus hati.

Demikian yang dapat saya sampaikan, akhir kata

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Demikian informasi lengkap tentang contoh pidato singkat. Anda bisa menggunakan seluruh teks berikut untuk latihan. Pidato yang baik adalah pidato yang jika Anda bisa menguasai materi yang hendak disampaikan. Pidato seperti ini akan memberikan kesan dan bahkan para hadirin akan mengingat apa yang sudah Anda sampaikan. Teks-teks contoh pidato di atas bisa Anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan yaitu bisa dikurangi panjangnya atau ditambah, semoga bermanfaat!

Boleh copy paste, tapi jangan lupa cantumkan sumber ya. Terimakasih

Contoh Pidato

Contoh Biografi

raifanaqi
22 min read

Contoh Autobiografi

raifanaqi
14 min read

Contoh Kata Pengantar

raifanaqi
21 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *